You are currently viewing Forkopimda Pantau Kesiapan Pos Pam Lebaran 1443 H

Forkopimda Pantau Kesiapan Pos Pam Lebaran 1443 H

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap memastikan kesiapan menghadapi arus mudik telah optimal. Bersama Forkopimda, Bupati Tatto Suwato Pamuji memantau Pos Pam dan Pelayanan di sejumlah titik, Rabu (27/4). Lokasi yang dipantau yakni Pos Terminal Bangga Mbangun Desa, Pos Pam Sampang, Pos Pam Karangpucung, dan Pos Pam Mergo Dayaeuhluhur.

Dalam pernyataannya, Bupati menegaskan para pemudik harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebab meski jumlah kasus Covid-19 terus mengalami penurunan, masyarakat tidak boleh lengah agar tidak terjadi penambahan kasus. “Pemerintah sekarang membolehkan mudik, tapi dengan syarat harus booster. Maka kalau masuk Cilacap, belum booster, harus booster dulu,” kata Bupati.

Untuk mengawal hal tersebut, Bupati meminta jajaran Camat dan kepala desa di masing-masing wilayah untuk menyosialisasikan hal tersebut. Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro menjelaskan, untuk mengamankan arus mudik dan balik di wilayah Kabupaten Cilacap, pihaknya dibantu unsur TNI dan pemerintah daerah menyiapka sekitar 14 pos pelayanan dan pengamanan.

Pos pos tersebut tersebar di sepanjang jalur mudik, mulai dari wilayah perbatasan dan ruas jalan utama. “Khusus di jalur ada 3 titik. Pintu masuk dari Jawa Barat ada 2 yakni Mergo dan Rawaapu, dan satu lagi di perbatasan Banyumas yakni Sampang. Sampang nanti kita perkuat karena ini menjadi titik pertemuan arus kendaraan yang melintasi jalur selatan Jawa Tengah,” kata Eko.

Untuk mengamankan arus mudik, sekitar 660 personil Polri dibantu TNI, Satpol PP, Linmas, dan relawan lainnya turut terjun dalam Operasi Ketupat Candi 2022 yang digelar hingga 9 Mei 2022. Selain didampingi Kapolres, dalam pantauan tersebut turut serta Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, Wakil Ketua DPRD Cilacap, Purwati.

Hadir pula Danlanal Cilacap (Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, Kajari Cilacap Sunarko, Kasdim 0703 Cilacap, Mayor Inf. Abdul Azis Lallo, dan sejumlah pejabat. Pada kesempatan ini, selain memberikan himbauan, Bupati bersama Forkopimda juga menyerahkan bingkisan kepada para petugas.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM