Gustu Penanganan Covid-19 Cilacap Catat 7.877 Pelanggar Disiplin Protokol Kesehatan
Gustu Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap mencatan 7.877 pelanggar disiplin protokol kesehatan sejak 24 Agustus 2020.

Gustu Penanganan Covid-19 Cilacap Catat 7.877 Pelanggar Disiplin Protokol Kesehatan

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 berkomitmen kembali melaksanakan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19, Senin (14/5). Kegiatan digelar di Pasar Sidodadi Cilacap dan sejumlah pusat keramaian, diawali apel gelar pasukan di halaman Gedung Sumekar, komplek Pendopo Wijayakusuma.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap, Yuliaman Sutrisno menjelaskan, pihaknya bersama aparat gabungan TNI dan Polri berupaya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan Covid-19. Terlebih setelah Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2020 ditindaklanjuti dengan terbitnya Peraturan Bupati Cilacap Nomor 126 Tahun 2020, operasi penertiban protokol kesehatan gencar dilakukan.

Operasi Masker Oleh Gustu Penanganan Covid-19

Dijelaskan, operasi masker dilaksanakan sejak 24 Agustus 2020. Hingga Minggu (13/9) tercatat 7.877 orang terjaring operasi penegakan disiplin. Jumlah ini merupakan akumulasi para pelanggar sejak pelaksanaan operasi penegakan disiplin dilaksanakan. Banyaknya pelanggar ini, menurut Yuliaman tidak hanya disebabkan kesadaran masyarakat yang masih rendah, tetapi juga dipengaruhi frekuensi penegakan hukum.

“Kegiatan penegakan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 kami lakukan di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Sampai sekarang tercatat ada sekitar 7.877 pelanggar”, kata Yuliaman.

Gustu Penanganan Covid-19
Salah satu pelanggar disiplin protokol kesehatan Covid-19 dikenai sanksi membersihkan sampah di Pasar Sidodadi Cilacap.

Selain diminta membuat surat pernyataan untuk mematuhi penegakan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19, para pelanggar juga dikenai sanksi mulai dari pernyataan lisan untuk tidak melanggar protokol kesehatan, membersihkan sampah, menyanyikan lagu wajib nasional, dan menghafalkan Pancasila.

Kegiatan ini akan terus dilakukan hingga masyarakat menyadari pentingnya penerapan protokol kesehatan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Apalagi saat ini Pemkab Cilacap telah memiliki Perda Penanggulangan Penyakit tentang penerapan protokol kesehatan. Masyarakat yang tidak menggunakan masker di luar ruangan atau tempat umum dapat dikenai didenda maksimal Rp 50.000.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 49
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM