Hadapi Nataru, Bupati Cilacap Tekankan Jaga Kondusifitas Wilayah

Hadapi Nataru, Bupati Cilacap Tekankan Jaga Kondusifitas Wilayah

CILACAP – Menghadapi perayaan Natal Tahun 2019 yang akan dirayakan oleh umat Kristiani dan perayaan pergantian tahun baru 2020, dinilai harus menjadi perhatian penting bagi lintas sektoral, khususnya dalam menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Cilacap. Sehingga nantinya segenap Umat Kristiani dapat merayakan Natal Tahun 2019 dengan khidmat dan nyaman.
Terlebih dengan adanya libur yang menyertai perayaan Natal dan Tahun Baru serta libur siswa sekolah, tidak dapat dipungkiri katanya bakal berpengaruh terhadap mobilisasi masyarakat yang akan melintasi wilayah Kabupaten Cilacap. Kendati tidak sepadat arus mudik menjelang Idul Fitri, namun faktor Keamanan dan kenyamanan masyarakat yang melintasi wilayah Kabupaten Cilacap diminta harus menjadi perhatian utama.
Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan koordinasi yang mantap dan harus terus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat, mulai dari aparat keamanan di semua tingkatan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan organisasi kemasyarakatan.
Demikian disampaikan Bupati Cilacap – Tato Suwarto Pamuji pada Rakor Perangkat Daerah Lintas Sektoral akhir Tahun 2019 tingkat Kabupaten Cilacap, di Gedung Graha Pemuda Bercahaya Selasa(17/12).

Lebih lanjut Bupati mejelaskan kesiapan kondisi jalan-jalan dan jembatan yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap, dinilai penting menjadi perhatian bersama. Sebab dianggap memiliki peranan yang sangat penting sebagai jalur penghubung antar kecamatan, kabupaten maupun provinsi. Demikian juga keamanan sepanjang jalur dan perlintasan kereta api, stasiun maupun terminal bus, perlu mendapatkan perhatian. Pasalnya keamanan pada tempat-tempat tersebut akan sangat mendukung lancarnya kegiatan perjalanan masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi darat, baik yang akan masuk maupun keluar wilayah Kabupaten Cilacap.
Bupati mengaskan, Camat yang wilayahnya terdapat sarana dan prasarana tersebut diminta untuk terus melakukan pemantauan serta berkoordinasi dengan aparat terkait di wilayahnya.
Selain itu, pimpinan perbankan diminta untuk memperhatikan kesiapan dana, terutama di Anjungan Tunai Mandiri atau ATM. Sebab kebutuhan masyarakat terhadap dana di akhir tahun diperkirakan cenderung meningkat, Tak terkecuali aspek lainnya, seperti kenyamanan dan keamanan nasabah yang akan mengambil dana di Anjungan Tunai Mandiri atau ATM.

Bupati menambahkan, terkait bahan kebutuhan pokok masyarakat katanya dipastikan ketersediaannya telah tercukupi. Kendati demikian, keamanan produk makanan yang akan dikonsumsi dituntut harus terjamin serta terjangkau daya beli oleh masyarakat. Sehingga nantinya dapat meminimalisir persoalan yang ada di masyarakat menjelang sampai dengan selesainya perayaan Tahun Baru 2020. Olehkarenanya Bupati meminta Dinas terkait dapat melakukan pemantauan di pasaran secara continue. Mencakup dengan distribusi bahan-bahan kebutuhan pokok masyarakat dan lakukan penanganan secara cepat dan tepat manakala muncul permasalahan.(Arin/Gruh).

[pvcp_1]

Leave a Reply