You are currently viewing Hari Rabies Sedunia, Dispertan Cilacap Gelar Vaksinasi Gratis Hewan Piaraan

Hari Rabies Sedunia, Dispertan Cilacap Gelar Vaksinasi Gratis Hewan Piaraan

CILACAP – Ratusan hewan peliharaan menjadi sasaran dalam vaksinasi rabies secara gratis. Momen ini diselenggarakan guna memperingati Hari Rabies Sedunia. Kegiatan ini berlangsung menggunakan protokol kesehatan ketat, di halaman Dinas Pertanian Cilacap Senin (27/9/21).

Kepala Dispertan Cilacap – Supriyanto mengungkapkan, kegiatan ini juga dilaksanakan guna mencegah mewabahnya rabies pada hewan peliharaan khususnya di Kabupaten Cilacap. Adapun dalam hal ini disediakan sebanyak seribu dosis vaksin rabies oleh petugas.

Selain itu, kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Dinas Pertanian Cilacap, Stasiun Karantina Pertanian Cilacap, Puskeswan dan juga Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), juga memberikan layanan pengobatan gratis untuk hewan peliharaan masyarakat Cilacap.

Ditegaskan Supriyanto, sampai saat ini Kabupaten Cilacap masih Zero Kasus Rabies. Indikatornya sejak dilaksanakan vaksinasi rabies disejumlah tempat pada 7 September 2021 lalu, belum ditemukan adanya kasus rabies pada hewan peliharaan.

Namun demikian pihaknya tetap mewaspadai adanya potensi penyebaran kasus rabies dari luar wilayah. Sehingga dia meminta kepada petugas terkait untuk mengintensifkan pemeriksaan hewan yang keluar maupun masuk ke Cilacap. Tidak terkecuali masyarakat yang diminta dapat pro aktif dalam mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran rabies.

Diantaranya memeriksakan kondisi kesehatan dari hewan peliharaannya, serta melaporkan kepada petugas jika ditemukan kasus pada manusia maupun hewan yang sakit dan mengidap gejala rabies.

Sementara Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Cilacap, Suharyono mengunkapkan, adapun seribu dosis vakisn rabies sudah didistribusikan di beberapa tempat dalam kegiatan serupa, Seperti di Puskeswan Kecamatan Majenang, Puskeswan Sidareja, dan Puskeswan Kroya.

Dia menambahkan, 325 hewan yang terdiri dari Anjing, Kucing dan Kera diwilayah Kabupaten Cilacap, telah berhasil divaksin dan menjalani pemeriksaan kesehatan. Hasilnya disebutkan hanya ditemukan gejala sakit umum pada hewan, seperti demam, kudis, dan lainnya.

Menurut salah satu pengunjung – Salva , kegiatan Vaksinasi Rabies ini sangat bermanfaat serta membantu masyarakat khususnya bagi mereka para pencinta hewan. Dia berharap kegiatan vaksinasi rabies dan pengobatan gratis dapat terus dilakukan.(wd/kominfo).

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM