You are currently viewing Inspektorat Kabupaten Cilacap Raih Penjaminan Kualitas APIP Level 3

Inspektorat Kabupaten Cilacap Raih Penjaminan Kualitas APIP Level 3

YOGYAKARTA – Pemerintahan Kabupaten Cilacap kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini giliran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) pada Inspektorat Kabupaten Cilacap meraih level 3 pada penjaminan kualitas APIP dari Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) Yogyakarta.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Yogyakarta Slamet Tulus Wahyana kepada Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, didampingi Inspektur Kabupaten Cilacap Indro Cahyono di Kantor BPKP Yogyakarta, Kamis (24/10/2019).

Kepala Perwakilan BPKP Yogyakarta Slamet Tulus Wahyana menerangkan APIP Kabupaten Cilacap masuk peringkat 28 dari 668 kabupaten/kota se-Indonesia pada posisi APIP Level 3. Dengan pencapaian ini, diharapkan Inspektorat Kabupaten Cilacap bisa berperan dalam pencegahan penyimpangan penggunaan anggaran.

Terutama di desa-desa, dengan adanya gelontoran anggaran yang besar dari pemerintah pusat. Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman mengatakan, APIP Level 3 ini  merupakan tantangan bagi Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam menyelenggarakan pemerintahan yang lebih baik.

Untuk diketahui, dalam kerangka Internal Audit Capability Model (IACM) kapabilitas pengawasan intern dikelompokkan menjadi lima tingkatan. Yakni level 1 (Initial), level 2 (Infrastructure), level 3 (Integrated), level 4 (Managed) dan level 5 (Optimazing).

Dalam capaian Level 3 Inspektorat Kabupaten Cilacap telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, ekonomis terhadap suatu kegiatan. Serta mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal.(*)

Sumber : Bag. Humas dan Protokol Setda Cilacap.

Leave a Reply