JAGA API Tingkatkan Sinergitas Pengawasan Pembangunan Daerah
Kepala Inspektorat Kabupaten Cilacap Indro Cahyono, menandatangani perjanjian kerja sama antara Kejaksaan Negeri Cilacap dan Inspektorat tentang koordinasi dalam penanganan laporan atau pengaduan masyarakat.

JAGA API Tingkatkan Sinergitas Pengawasan Pembangunan Daerah

CILACAP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap dalam hal ini Inspektorat bersama Kejaksaan Negeri sepakat untuk melaksanakan kerjasama hukum dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Hal tersebut tertuang dalam penandatanganan program kerja sama “JAGA API” antara Kejaksaan Negeri Cilacap dan Pemkab.

Jaga Api merupakan akronim Jaksa Gandeng Aparat Pengawas Internal yaitu program Kejaksanaan Negeri Cilacap dalam membangun kerjasama dengan pengawas internal pemerintah daerah.

Maksud dan Tujuan JAGA API

Maksud dan tujuan program Jaga Api antara lain untuk menyamakan persepsi dalam proses penanganan laporan pengaduan masyarakat. Selain itu juga sebagai media koordinasi dan penguatan sinergi dalam melakukan penanganan laporan pengaduan masyarakat.

Penandatanganan dilaksanakan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap T. Tri Ari Mulyanto dan Kepala Inspektorat Indro Cahyono di ruang Gadri Pemkab Cilacap. Turut hadir dan menyaksikan penandatanganan tersebut Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, jajaran Kejaksanaan Negeri dan para pejabat dilingkungan Pemkab Cilacap.

Bupati dalam sambutannya menjelaskan bahwa manajemen pemerintahan dan pengawasan diperlukan sebagai landasan terlaksananya tata kelola pemerintahan yang baik.

“Dalam manajemen pemerintahan, sistem pengawasan yang baik sangat diperlukan sebagai landasan terlaksananya peran dan fungsi yang sesuai dengan tujuan perencanaan pembangunan,” kata Bupati.

Lebih lanjut dikatakan bahwa salah satu area perubahan dalam reformasi birokrasi pemerintahan adalah area pengawasan, baik secara internal maupun eksternal.

“Pengawasan internal dilakukan oleh pengawas internal pemerintah yang selalu melakukan koordinasi dengan BPK dan aparat penegak hukum seperti yang hari ini kita lakukan dalam bentuk perjanjian kerjasama,” lanjut Bupati.

Hal ini penting untuk dapat mengawal berjalannya pengelolaan dan akuntabilitas keuangan negara dan daerah yang akuntabel dalam upaya mendukung terwujudnya penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik serta sebagai deteksi dini untuk mencegah adanya tindak pidana korupsi.

Mengakhiri sambutannya, Bupati menegaskan beberapa hal antara lain penguatan komunikasi dan koordinasi dengan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) jika terjadi permasalahan.

“Tingkat kuantitas dan kualitas pengawasan melekat, salah satunya melalui kerjasama Jaga Api ini serta mendayagunakan seoptimal mungkin keberadaan satuan pengawasan internal maupun aparat pengawas fungsional. Selain itu laksanakan dan tindaklanjuti rekomendasi hasil koordinasi antara APIP dan APH untuk mencegah sedini mungkin adanya potensi penyimpangan,” pungkasnya.(*)

Sumber : Humas & Protokol Setda Cilacap

Jumlah Pengunjung : 129

image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM