You are currently viewing Jajaki Destinasi Wisata Baru, Pemkab Libatkan Dewan Riset Daerah

Jajaki Destinasi Wisata Baru, Pemkab Libatkan Dewan Riset Daerah

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meminta Dewan Riset Daerah Kabupaten Cilacap fokus  untuk satu obyek riset dan penelitian potensi daerah. Hal ini perlu dilakukan untuk mendukung upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), serta percepatan pembangunan.

Hal itu dikemukakan Bupati saat menerima audiensi Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Cilacap di Ruang Tamu Rumah Dinas Bupati, Senin (26/8/2019). Turut mendampingi Bupati, Kepala Bappelitbangda Cilacap Sumbowo, bersama Sekretaris Bappelitbangda Ahmad Fauzi.

Hadir pula Kepala Disporapar Cilacap Heroe Harjanto, Kepala Diskominfo Cilacap M. Wijaya, dan Kabag Humas dan Protokol Setda Cilacap Taryo. Apa yang disampaikan Bupati, merupakan langkah alternatif atas kendala yang dihadapi DRD, terutama hilirisasi riset untuk kesejahteraan masyarakat.

Ketua DRD Kabupaten Cilacap  Dr. Tumisem, M.Si mengungkapkan, sejak dikukukan pada Desember 2018 lalu, pihaknya telah melakukan kajian terhadap sejumlaj potensi daerah yang prospektif untuk dikembangkan. Baik pariwisata, investasi, kreasi inovasi teknologi tepat guna, maupun, sektor lainnya.

“Namun belum sinkronisasi kajian potensi unggulan dari tiap OPD. Sifatnya masih berupa kajian-kajian dasar yang belum menuangkan rekomendasi lanjutan, sehingga kita kesulitan dalam hilirisasi” kata Tumisem.

Kendala lainnya, program kerja OPD yang dibiayai negara baik APBN maupun APBD untuk tahun anggaran 2019 dan 2020 sudah diplot. Sehingga DRD hanya dapat memberikan rekomendasi untuk beberapa program kerja yang dilaksanakan OPD.

Apabila kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan seluruh OPD dapat dianggarkan pada tahun 2021, DRD merekomendasikan satu kajian penelitian yang selama ini belum pernah dilaksanakan, yakni kajian sejarah, seni, dan pariwisata yang ada di Kabupaten Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengapresiasi langkah dan upaya DRD dalam memberikan rekomendasi berbagai program pembangunan di Kabupaten Cilacap. Mengingat begitu banyak potensi yang dapat dioptimalkan, untuk sementara Bupati meminta DRD fokus pada pengembangan pariwisata.

“Untuk pariwisata, tentukan titik titiknya untuk menjadi destinasi wisata. Fokus kesitu, nanti  anggaran kesana semua. Mau di Cipari, Majenang, atau Pulau Momongan, fokuskan. Tahun depan realisasikan”, tegas Bupati.

Pengembangan pariwisata, menurut Bupati harus satu paket dengan seni budaya. Dua aspek tersebut perlu dioptimalkan agar upaya yang dilakukan berjalan optimal. Dalam hal ini, diperlukan pula dukungan publikasi yang memadai, agar destinasi wisata dikenal luas oleh masyarakat.(dn/kominfo)

Foto : Bupati Tatto S. Pamuji (kedua dari kiri) menerima kunjungan Dewan Riset Daerah Kabupaten Cilacap. Pengembangan destinasi wisata baru menjadi rekomendasi Bupati.

Leave a Reply