Dukung ‘Jateng di Rumah Saja’, Pemkab Perketat Pengawasan Prokes

Dukung ‘Jateng di Rumah Saja’, Pemkab Perketat Pengawasan Prokes

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menyatakan siap mendukung program “Jateng Di Rumah Saja”, yang dicanangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Sabtu dan Minggu (6 – 7/2/2021).

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bahkan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 440/00521/04/Tahun 2021 tentang Peningkatan Kedisiplinan Masyarakat dan Pengetatan Protokol Kesehatan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Cilacap.

Gerakan Jateng di Rumah Saja

Gerakan ini merupakan Gerakan bersama seluruh komponen masyarakat di Jawa Tengah dalam rangka memutus transmisi dan menekan penyebaran Covid-19 dengan cara tetap tinggal di rumah, dan tidak melakukan aktivitas di luar lingkungan/kediaman masing-masing.

Di Kabupaten Cilacap, gerakan Jateng di Rumah Saja dilaksanakan dengan menutup destinasi wisata dan pusat rekreasi, tempat olahraga, tempat hiburan, , karaoke, warnet, game online, meniadakan car free day, serta penundaan hajatan dan pernikahan yang dilaksanakan baik dirumah maupun hotel, serta kegiatan lain yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Ini merupakan upaya mengedukasi masyarakat agar lebih disiplin. Pengawasan akan terus dilakukan. Camat dan Lurah/Kepala Desa harus lebih berperan aktif menyosialisasikan kegiatan ini”, kata Bupati.

Agar pelaksanaannya berjalan optimal, pemangku wilayah dalam hal ini pemerintah desa dibantu kepala lingkungan juga diminta menggerakan masyarakat untuk mengoptimalkan Jogo Tonggo dengan meningkatkan kegiatan kebersihan di lingkungan masing-masing.

Sedangkan untuk menurunkan tingkat kasus kematian Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap diminta untuk melakukan pemantauan dan mendorong percepatan penambahan ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU untuk penanganan Covid-19. Baik di Rumah Sakit Pemerintah ataupun swasta.

Adapun proporsi aman ketersediaan tempat tidur yakni 30 % untuk isolasi dan 15 tempat tidur untuk ICU. Dinas Kesehatan juga diminta melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi di wilayah masing-masing sesuai sasaran, target dan tahapan, dengan menjaga dan meningkatkan kinerja pencapaian vaksinasi yang telah dicapai

Untuk mengawal kebijakan ini Pemkab Cilacap akan melaksanakan pengetatan pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan, dengan meningkatkan Operasi Yustisi yang akan dilaksanakan Satuan Polisi Pamong Praja, apparat kepolisian, dan dibantu unsur TNI.

“Pengawasan akan dilakukan terus menerus. Saya minta agar Camat di masing-masing wilayah turut memantau pengawasan ini agar PPKM dapat sukses”, pungkasnya.(dn/kominfo)

Download SE Bupati Cilacap di Rumah Saja

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM