Jelang Idul Fitri, Cilacap Dapat Tambahan Kuota Fakultatif LPG 4 Persen
Ilustrasi LPG 3 Kg

Jelang Idul Fitri, Cilacap Dapat Tambahan Kuota Fakultatif LPG 4 Persen

CILACAP – Pemerintah memprediksi kenaikan permintaan gas LPG 3 kilogram sekitar 4 – 6 % jelang hari raya Idul Fitri 1.442 H. Dari alokasi realisasi April 2021 sebanyak 1.440.880 tabung, estimasi kebutuhan bulan Mei diperkirakan mencapai 1.527.332 tabung.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Wasi Ariyadi menjelaskan, Kabupaten Cilacap mendapat tambahan kuota fakultatif dari alokasi April. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya peningkatan permintaan, meski pemerintah memberlakukan larangan mudik.

“Distribusi gas LPG dari Pertamina berdasarkan permintaan Hiswana Migas. Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan disiapkan upgrade stock 4 – 6 %. Apabila ada lockdown daerah, diminta berkomunikasi dengan Pertamina dan Hiswana Migas”, jelasnya.

Penambahan kuota fakultatif juga berlaku untuk LPG Non-PSO rumah tangga (non subsidi) sebesar 2,01 % dari realisasi April sebesar 349,829 metrik ton. Terkait distribusi, masyarakat khususnya pelaku usaha tidak perlu khawatir karena outlet LPG 3 Kg juga menyediakan LPG Non-PSO ukuran 12 dan 5,5 Kg.

Menurut Wasi, Pemkab Cilacap telah melakukan langkah antisipatif apabila terjadi lonjakan permintaan dengan penambahan alokasi fakultatif sesuai kebutuhan dalam rentang alokasi yang ditetapkan. Agar distribusi merata ke pelosok wilayah, disiapkan pula pangkalan Siaga LPG 3 Kg dan Non Subsidi.

Unit Manager Communication, Relations, and Corporate Social Responsibilty (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho menjamin ketersediaan dan pasokan LPG 3 Kg. Pihaknya memprediksi lonjakan permintaan LPG untuk wilayah Jateng – DIY berkisar 9 % dalam rentang dua minggu sebelum Idul Fitri dan dua minggu setelahnya.

“Kami punya Depot LPG di Cilacap dan Semarang, dengan 51.667 pangkalan LPG PSO dan 9.004 outlet LPG Non-PSO untuk melayani permintaan masyarakat Jateng dan DIY. Kami pastikan ketersediaan stok LPG cukup”, jelasnya.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM