You are currently viewing Jelang Lebaran, Bupati dan TJKPD Cilacap Pantau Stabilitas Sembako
Tatto S. Pamuji sidak Pasar Gede Cilacap, Selasa (19/4/2022).

Jelang Lebaran, Bupati dan TJKPD Cilacap Pantau Stabilitas Sembako

CILACAP – Bupati Tatto S. Pamuji bersama dengan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (TJKPD) Kabupaten Cilacap melakukan inspeksi ke sejumlah pasar tradisional dan pasar swalayan, Selasa (19/4/2022). Hal itu dilakukan guna memastikan kestabilan harga dan ketersediaan sembako menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443H.

Dari pantauan tersebut, diperoleh informasi bahwa harga sembako masih dalam batas normal. Hanya harga daging yang lonjakannya cukup signifikan. Para pedagang juga mengeluhkan mengenai stok minyak goreng yang masih terbilang minim.

“Ketersediaan sembako di Cilacap masih aman sampai 10 hari ke depan. Sampai hari ini belum ada lonjakan harga karena stok masih aman. Saya juga sudah menghimbau kepada Kepala Dinas Perdagangan untuk turun ke lapangan, memantau dan menjaga ketersediaan stok sembako di Cilacap ” kata Tatto.

Bupati juga mengatakan akan fokus terhadap ketersediaan minyak goreng. Ia akan terus memantau pendistribusiannya sehingga sampai Hari Raya stok minyak goreng tetap aman.

Kemudian ia menyoroti persoalan sampling 20 jenis pangan yang mengandung Methanyl Yellow, Rhodamin-B dan formalin. Ia meminta agar temuan tersebut segera dilindaklanjuti sehingga tidak terulang kembali di kemudian hari.

 “Dari hasil lab ada tahu yang mengandung formalin, itu akan ditindaklanjuti supaya jangan ada lagi yang menggunakan obat-obatan atau pengawet dan dipasarkan untuk masyarakat Cilacap. Mengenai pedagang yang memasarkan produk makanan yang mengandung zat berbahaya atau sudah kadaluwarsa akan diberi peringatan hingga diberikan sanksi,” ujar Bupati. (pink/enka)

Dok : https://s.id/SidakPasarApril2022