Jelang Musim Hujan, Masyarakat Dihimbau Waspada Bencana

Jelang Musim Hujan, Masyarakat Dihimbau Waspada Bencana

CILACAP – Rekahan tanah yang timbul selama musim kemarau berpotensi menyebabkan terjadinya tanah longsor saat musim hujan tiba. Oleh karena itu warga yang bermukim di sekitar kawasan tersebut dihimbau agar lebih waspada.

Himbauan tersebut disampaikan Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Tri Komara Sidhy, beberapa waktu lalu. Berdasarkan pemetaan BPBD Cilacap, sejumlah wilayah di Cilacap bagian barat merupakan daerah rawan longsor.

“Beberapa wilayah di Cilacap Barat merupakan daerah rawan longsor, mulai dari Kecamatan Karangpucung, Cimanggu, Majenang, Wanareja, dan Dayaeuhluhur”, kata Tri Komara.

Tidak hanya longsor dan pergerakan tanah, Tri Komara juga mengimbau agar masyarakat waspada terhadap potensi bencana banjir dan angin kencang selama musim pancaroba. Untuk daerah rawan banjir, BPBD memetakan kawasan tersebut tidak hanya di wilayah barat tapi juga di Cilacap timur.

“Kalau untuk daerah rawan longsor dan tanah bergerak memang di Cilacap barat. Tetapi untuk banjir ada juga di wilayah timur seperti Kroya dan Nusawungu”, jelasnya.

Untuk mengurangi potensi bencana saat musim hujan, Tri Komara mengimbau masyarakat untuk memangkas dahan pepohonan yang rawan tumbang. Masyarakat juga dihimbau menerapkan pola hidup bersih dan tidak membuang sampah di sembarang tempat untuk mengantisipasi persebaran penyakit.

Terpisah, Kepala Kelompok Teknisi pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo juga menyampaikan himbauan kewaspadaan atas potensi angin kencang. Peristiwa ini kerap terjadi selama musim pancaroba berlangsung.

Angin poting beliung biasanya dapat terjadi saat cuaca cerah di pagi hari, kemudian mendung saat menjelang siang hari dengan munculnya awan Cummolonimbuz berwarna gelap dan bergumpal seperti bunga kol. Angin ini bersifat lokal dan biasanya bersamaan dengan hujan disertai petir.(*/Ant)

Foto : Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy.

image_pdfimage_print

Leave a Reply