Jelang Nataru, TJKPD Cilacap Sidak Pasar Tradisional

Jelang Nataru, TJKPD Cilacap Sidak Pasar Tradisional

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap memastikan harga dan ketersediaan kepokmas masih stabil jelang Natal 2019 dan tahun baru 2020. Kepastian ini didapatkan setelah Bupati Tatto Suwarto Pamuji melakukan inspeksi ke sejumlah pasar tradisional bersama Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah, Selasa (17/12/2019)

Dalam pantauan tersebut, diperoleh informasi bahwa beras kualitas medium jenis IR64 masih stabil di kisaran harga Rp 9.000 hingga Rp 10.000 per kilogram. Daging ayam kampung Rp 65.000 per kilogram, dan daging ayam ras di kisaran Rp 32.000 per kilogram.

Demikian juga telur ayam ras kini masih stabil di kisaran Rp 22.000 – Rp 24.000 per kilogram. Kenaikan terjadi pada komoditas bawang merah yang semula Rp 14.000 menjadi Rp 28.000 per kilogram, dan bawang putih tetap stabil pada kisaran harga Rp 25.000 – Rp 28.000 per kilogram.

“Dalam pantauan ini, ternyata harga-harga cukup stabil. Kemudian stok, masih cukup untuk natal dan tahun baru”, kata Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Mengingat ketersediaan yang masih cukup, Bupati mengimbau masyarakat tetap menerapkan pola hidup hemat dan tidak berbelanja berlebihan. Dalam pantauan ini Bupati juga menyoroti adanya bahan makanan yang mengandung formalin, serta pewarna kain.

Dari 16 sampel makanan yang diperiksa Tim Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), 3 diantaranya diduga keras masih mengandung rhodamin B atau zat yang lazim digunakan sebagai pewarna pakaian. Beberapa produk makanan lainnya juga disinyalur masih menggunakan formalin sebagai pengawet.

“Saya mau menindak bersama jajaran Forkopimda terkait pabrik pengolahan makanan sudah dikasih tau, dilarang, tapi nekat menggunakan formalin dan pewarna kain”, tegas Bupati.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Purwokerto, Agus Chusaini juga mengimbau masyarakat mewaspadai peredaran uang palsu. Masyarakat perlu memahami ciri-ciri fisik keaslian uang rupiah, agar terhindar dari uang palsu dan tidak layak edar.(dn/kominfo)

Foto : Bupati Tatto S. Pamuji bersama TJKPD melakukan pantauan harga ke pasar tradisional. Pantauan dilakukan untuk mengetahui fluktuasi harga jelang natal dan tahun baru.

Jumlah Pengunjung : 447
image_pdfimage_print

Leave a Reply