You are currently viewing Jembatan Kali Cipicung Tergerus Air, Ini Imbauan Babinsa
Jembatan Kali Cipicung merupakan akses penghubung wilayah antara Desa Bengbulang dengan desa tetangga.

Jembatan Kali Cipicung Tergerus Air, Ini Imbauan Babinsa

CILACAP – Curah hujan yang sangat tinggi dalam beberapa hari di wilayah Kecamatan Karangpucung telah menimbulkan longsor di berbagai tempat. Salah satu titik yang menjadi perhatian yaitu jembatan Kali Cipicung yang berlokasi di RT.04/RW.02, Dusun Bengbulang, Desa Bengbulang, dimana arus air telah memicu longsor di sisi tanggul jembatan.

Melihat kondisi ini, Babinsa Koramil 15 Karangpucung Serda Harih Suwargi bersama Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah desa setempat langsung meninjau lokasi guna memastikan kondisi terakhir akses penghubung yang sangat penting bagi warga di Desa Bengbulang itu, Sabtu (12/12).

Kondisi Jembatan Kali Cipicung

Babinsa menuturkan hujan turun dengan intensitas tinggi terjadi sepanjang hari, sehingga air deras mengalir dan menghantam tanggul penyangga jembatan Kali Cipicung yang mengakibatkan longsor, dengan adanya kejadian ini tentu keberadaan jembatan menjadi tidak aman untuk dilewati.

“Saat kami cek di lokasi, kondisinya sangat memprihatinkan, hampir separuh badan jalan di sisi jembatan tergerus air dan tanahnya sangat labil. Sangat berbahaya bagi warga yang hendak melintas,” tuturnya.

Jembatan Kali Cipicung merupakan akses penghubung wilayah antara Desa Bengbulang dengan desa tetangga antara lain Desa Sidamulya, Desa Ciruyung dan Desa Tayem Barat, akibat bencana ini kerugian materil ditaksir mencapai Rp.950.000.000.

“Untuk sementara, kami menghimbau kepada warga agar tidak menggunakan atau melintasi jembatan ini. Karena ini sangat beresiko, jadi kami sarankan agar melewati jalan alternatif lain yang lebih aman sampai jembatan ini kita perbaiki dan layak digunakan,” imbau Babinsa.

Demi menjaga keselamatan warga, Babinsa bersama warga setempat memasang rambu rambu larangan melintas, serta mengalihkan arah lalulintas warga ke jalan lain meskipun jarak tempuh lebih jauh dan lebih sempit.

“Kami bersama pemerintah desa akan segera membuat jembatan darurat untuk memudahkan mobilitas warga”, pungkasnya.(dn/pendim/kominfo)

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM