You are currently viewing Kabupaten Cilacap Masuk Kedalam Zona Hijau Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik

Kabupaten Cilacap Masuk Kedalam Zona Hijau Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik

CILACAP – Di akhir tahun 2021 Kabupaten Cilacap berhasil masuk kedalam zona hijau Kepatuhan Standar Pelayanan Publik yang berarti Kepatuhan Tinggi dalam Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 oleh Ombudsman RI, Rabu (29/12/2021).

Dengan Nilai 88,16 Cilacap menjadi salah satu dari 103 Kabupaten yang masuk kedala zona hijau dari total 416 Kabupaten yang dinilai dalam penilaian kepatuhan standart pelayanan publik.

Hasil penilaian ini disampaikan dalam acara Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI, yang diikuti secara virtual oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di Ruang Rapat Prasandha Pendopo Kabupaten Cilacap.

Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih menyampaikan penilaian standar pelayanan publik memiliki tujuan untuk memperbaiki dan menyempurnakan kebijakan pelayanan publik dalam rangka mencegah terjadinya mal-administrasi.

“Ruang lingkup penilaiannya meliputi kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik terhadap pemenuhan standar pelayanan publik berdasarkan UU No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” jelas Mokhammad Najih dalam laporannya.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berharap Kementerian, Lembaga maupun Pemerintah Daerah memanfaatkan kegiatan ini untuk mengimplementasikan standar pelayanan publik yang lebih baik.

“Dengan menciptakan sistem pengawasan dan evaluasi yang berintegritas agar dampak penerapannya dapat dirasakan oleh masyarakat. Sudah saatnya kita wujudkan birokrasi berkelas dunia secara merata di semua tingkatan di seluruh Indonesia,” harapnya.

Selain 416 Kabupaten, Ombudsman RI juga melakukan penilaian dan survey standar pelayanan publik pada Juni hingga Oktober 2021 kepada 24 Kementerian, 15 Lembaga, 34 Pemerintah Provinsi dan 98 Pemerintah Kota. Dari total 587 instansi yang dinilai, 179 diantaranya masuk kedalam kategori hijau, 316 kategori kuning dan 92 lainnya masuk kedalam kategori merah. (mia)