You are currently viewing Kabupaten Cilacap Raih Adipura Kedelapan Kalinya

Kabupaten Cilacap Raih Adipura Kedelapan Kalinya

JAKARTA – Kabupaten Cilacap kembali menorehkan prestasi di bidang lingkungan hidup dengan meraih penghargaan Adipura hasil penilaian tahun 2023. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada daerah yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri menerima secara langsung penghargaan tersebut di Gedung Manggala Wanabakti, Kantor Kementerian LHK Republik Indonesia (RI) Jakarta Pusat pada Selasa (5/3/2024). Acara dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin.

Saat ditemui usai acara tersebut, Awaluddin menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama sehingga Pemkab Cilacap berhasil mempertahankan Anugerah Penghargaan Adipura .

“Tentunya ini memerlukan dukungan perusahaan yang ada, BUMN maupun BUMD di Kabupaten Cilacap. Termasuk pengelolaan TPST RDF yang kini sudah bagus, kita bisa tingkatkan lagi. Mudah-mudahan kapasitasnya naik terus karena RDF sekarang masih bisa dipacu sampai 200 ton/hari sekarang baru 160 ton/hari,” jelasnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dalam sambutannya menyebutkan bahwa Program Adipura ini sebagai dorongan bagi Kabupaten/Kota untuk menciptakan pola kerja dan sistem pengelolaan sampah yang terintegrasi dari hulu ke hilir secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan aspek lingkungan hidup, aspek sosial dan aspek ekonomi.

“Sehingga dengan demikian pengelolaan sampah bukan hanya mengurangi dan meminimalkan dampaknya tetapi juga mempertimbangkan aspek kesehatan masyarakat serta memposisikan sampah sebagai sumber daya untuk ketersediaan bahan baku untuk daur ulang, efisiensi penggunaan sumber daya dan sebagai sumber ekonomi masyarakat,” terangnya.

DSC 4655 scaled
Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap Sri Murniyati berfoto bersama usai menerima penghargaan Piala Adipura 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyambut baik penghargaan Adipura yang diberikan kepada daerah-daerah yang berprestasi di bidang lingkungan hidup. Ia mengatakan, Adipura merupakan salah satu medium afirmatif sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan hidup yang berkelanjutan ke depan.

Ia juga mengungkapkan, pemerintah menawarkan nol emisi sampah di tahun 2050 sebagai salah satu upayanya untuk menjaga keseimbangan lingkungan hidup. Salah satu langkahnya adalah mendorong sistem pengolahan sampah secara terpadu dari hulu ke hilir.

“Pemerintah menawarkan nol emisi sampah di tahun 2050. Salah satu upayanya adalah mendorong sistem pengolahan sampah secara terpadu dari hulu ke hilir. Ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dan sehat,” ucap Ma’ruf Amin.

Ia juga mengucapkan selamat kepada kepala daerah yang menerima Adipura. Ia menilai, penghargaan ini menjadi representasi sesungguhnya dari komitmen penanganan sampah di daerah. Ia berharap, Adipura tidak menjadi akhir, tetapi tetap menjadi semangat untuk mengelola sampah berwawasan lingkungan.(dn/Kominfo)

DSC 4642 scaled

DSC 4647 scaled

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM