Kelurahan Tegalreja Bentuk KIM Penerang Sejati
Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan KIM di Kelurahan Tegalreja Kecamatan Cilacap Selatan

Kelurahan Tegalreja Bentuk KIM Penerang Sejati

CILACAP – Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kelurahan Tegalreja diharapkan bukan hanya sekedar formalitas, setelah dibentuk nantinya harus tau fungsi dan berjalan dengan semestinya. Terkait hal tersebut, diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Komunikasi dan Indormatika (Diskominfo) Kabupaten Cilacap senantiasa memberikan bimbingan dan arahan secara berkesinambungan.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Camat Cilacap SelatanKukuh Setiaji, S.I.P. saat membuka acara Sosialisasi dan Pembentukan KIM di Kelurahan Tegalreja Kecamatan Cilacap Selatan, Kamis (10/06/2021).

KIM dibentuk dengan tujuan menginformasikan segala informasi dari pemerintah kepada masyarakat, atau menyaring informasi yang berkembang di masyarakat terkait dengan isu, hoax atau fakta yang harus disampaikan kepada masyarakat.

“Jika ada informasi hoax atau informasi yang tidak benar tidak disampaikan kepada  masyarakat, ini akan membuat resah atau menjadi permasalahan di masyarakat,” jelas Kukuh.

Dari Kiri Lurah Tegalreja Rochmatdi, Sekcam Cilacap Selatan Kukuh Setiaji, Kabid Pengelolalaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Diah Permanasari, dan Kasie Pengelolaan media informasi dan persandian Arin Nastuti
Dari Kiri Lurah Tegalreja Rochmatdi, Sekcam Cilacap Selatan Kukuh Setiaji, Kabid Pengelolalaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Dyah Permanasari, dan Kasie Pengelolaan Media Informasi dan Persandian Arin Nastuti

Lurah Tegalreja Rochmatdi menyampaikan terimakasih kepada Diskominfo Kabupaten Cilacap yang telah mengagendakan acara Sosialisasi dan Pembentukan KIM wilayahnya, dan berharap kepada pengurus KIM yang terbentuk nantinya dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam penyebar luasan informasi kepada masyarakat.

“Di era yang serba digital saat ini berbagai informasi sangat cepat beredar di masyarakat, kita khususnya pengurus KIM dituntut untuk mampu menyaring, sehingga informasi yang disebarluaskan atau disampaikan adalah informasi yang benar.” jelas Rochmatdi.

Sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan KIM, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik, Sherly Dyah Permanasari menjelaskan mengenai apa itu KIM, tujuan KIM dan manfaatnya.

KIM hadir sebagai wadah untuk memberdayakan masyarakat dalam rangka penyaluran informasi sehingga dapat memperlancar arus informasi dan distribusi informasi kepada masyarakat.

“KIM ini di bentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat secara khusus sebagai layanan informasi masyarakat terhadap isu-isu pembangunan sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Sherly.

KIM Kelurahan Tegalreja dibentuk dengan nama KIM Penerang Sejati  yang diketuai oleh Soelistiyanto, BSc., wakil ketua AG  Bambang Murdoko, sekretaris Aldi Nata Wijaya, bendahara Erna Susanti dan dibantu oleh 4 seksi yaitu Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM, Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi, Seksi Pelayanan dan Diseminasi Informasi serta Seksi Pengembangan Ekonomi Produktif dengan penasehat Rochmatdi selaku Lurah Tegalreja. (wd/Kominfo)

Widi Ardiyan

REPORTER TEAM DISKOMINFO