You are currently viewing Kesugihan dan Adipala Dicanangkan Sebagai Kawasan Siaga Bencana

Kesugihan dan Adipala Dicanangkan Sebagai Kawasan Siaga Bencana

CILACAP – Kecamatan Kesugihan dan Adipala dicanangkan sebagai Kawasan Siaga Bencana (KSB). Pencanangan dilakukan oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, dalam upacara yang digelar di lapangan Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan, Rabu (20/11/2019). 

Asisten Administrasi dan Umum Sekda Cilacap, Uong Suparno, selaku pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap menerangkan, pencanangan KSB dan simulasi penanggulangan bencana alam merupakan kegiatan dari Kementerian Sosial melalui Direktorat Perlindungan Korban Bencana Alam.

Pencanangan ini merupakan tindak lanjut atas Rakor KSB untuk wilayah pantai selatan Pulau Jawa, yang digelar beberapa waktu lalu. Dengan demikian, Kecamatan Kesugihan dan Adipala terintegrasi dalam kawasan siaga bencana bersama desa-desa di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dan Kebumen, Jawa Tengah.

Bupati Cilacap melalui sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman menyampaikan, pengukuhan KSB diharapkan makin memotivasi upaya Pemkab Cilacap dan masyarakat dalam menyempurnakan mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana.

“Terlebih Kabupaten Cilacap menduduki peringkat teratas di Jawa Tengah dalam hal kerawanan bencana, sehingga kita harus tanggap dan siap siaga”, jelasnya.

Pada kesempatan ini, Kementerian Sosial menyerahkan bantuan sebesar Rp 145 juta untuk Kecamatan Kesugihan dan Adipala sebagai KSB. Usai pencanangan, acara dilanjutkan dengan simulasi penanganan bencana alam yang melibatkan siswa dan masyarakat setempat.(dn/kominfo)

Foto : Istimewa

[pvcp_1]

Leave a Reply