You are currently viewing Pembentukan KIM LASON Diharapkan Bukan Sekedar Formalitas
Acara Sosialisasi dan Pembentukan KIM Lason Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu

Pembentukan KIM LASON Diharapkan Bukan Sekedar Formalitas

CILACAP – Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Wringinharjo diharapkan bukan hanya sekedar formalitas, setelah dibentuk nantinya harus bisa menjalankan tugas dan fungsinya serta mampu mendistribusikan sebuah informasi yang diharapkan bisa menjadi agen informasi yang mampu mewujudkan masyarakat informasi yang dinamis sebagai dasar bagi terbentuknya masyarakat madani yang berlandaskan Pancasila.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Diskominfo Cilacap Sherly Dyah Permanasari saat menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi dan pembentukan KIM di Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu pada Rabu (22/06/2022).

Lebih lanjut dijelaskan, masyarakat harus mampu mengakses, mengolah dan menyebarluaskan informasi, sehingga informasi yang disampaikan adalah informasi yang benar dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, KIM juga harus mampu menggali potensi-potensi Desa yang ada sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Anggota KIM juga harus mampu memilah dan memilih segala macam informasi, cek dan ricek sehingga yang disebarluaskan adalah informasi  yang dibutuhkan oleh masyarakat, bermanfaat dan tidak menimbukkan keresahan  di dalam masyarakat itu sendiri”, ungkap Sherly.

Foto bersama dengan Pengurus KIM Lasion Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu
Foto bersama dengan Pengurus KIM Lasion Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu

Kepala Desa Wringinharjo Hasanan menyambut baik dengan sosialisasi dan pembentukan KIM di desa Wringinharjo.

Pihaknya berharap dengan dibentuknya KIM ini nantinya segala permasalahan yang dihadapi masyarakat bisa segera ditangani dan berbagai informasi bisa diterima dengan baik oleh masyarakat khususnya di desa Wringinharjo. Bagaimana KIM bisa bermitra dengan pemerintah sehingga informasi-informasi pembangunan dapat diakses dan aspirasi dari masyarakat juga bisa disampaikan kepeda pemetrintah secara cepat melalui KIM.

Selain itu, setelah KIM dibentuk bukan hanya melakukan penyebarluasan informasi saja, namun kedepan KIM harus bisa melakukan kegiatan-kegiatan positif baik itu kegiatan ekonomi, sosial, budaya, keagamaan dan lainnya untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. 

“Untuk bisa melaksanakan itu semua tentunya harus tau dulu apa itu KIM, tugas dan fungsinya dalam masyarakat, untuk itu mari kita bersama-sama mengikuti paparan materi dari narasumber”, ungkap Kades.

Acara dihadiri Kepala Diskominfo Cilacap yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Dyah Permanasari, Subkoordinator Pengelolaan Media Informasi dan Persandian Arin Nastuti, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta warga masyarakat Desa Kedungreja dari berbagai elmen.

KIM Desa Wringinharjo dibentuk dengan nama KIM Lason (Laskar Online) yang diketuai oleh Slamet Wahyudin, Wakil Ketua Sodikin, Sekretaris Jawad Akrom, Bendahara Abu dan dibantu 4 seksi. Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM Supratman, Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi Eko Purwanto, Seksi Pelayanan dan Diseminasi Informasi Sugiarto dan Seksi Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Nanang Setiawan dengan Penasehat Kepala Desa Wringinharjo Hasanan. (wd/kominfo)

Widi Ardiyan

REPORTER TEAM DISKOMINFO