You are currently viewing KIM “Lancar Bae” Sebagai Agen Informasi
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Dyah Permanasari saat menyampaikan Sosialisasi Pembentukan KIM Desa Bantarmangu Kecamatan Cimanggu

KIM “Lancar Bae” Sebagai Agen Informasi

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk yang ke-18 kalinya melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pembentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada Kamis (12/05/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Bantarmangu Kecamatan Cimanggu ini dibuka oleh Kepala Desa Bantarmangu Nur Johan. Dihadiri Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Diskominfo Cilacap, Sherly Dyah Permanasari, S.E.,M.M., Subkoordinator Pengelolaan Media Informasi dan Persandian Arin Nastuti, S. Sos., tokoh masyarakat dan undangan lain.

Kepala Desa Bantarmangu Nur Johan saat membuka acara mengatakan, dengan adanya pembentukan KIM ini nantinya bisa menghubungkan antara masyarakat dengan Pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun Pemerintah Pusat, sehingga apa yang direncanakan/impikan dapat terealisasi lebih mudah dalam menginformasikan segala sesuatunya.

“Terkait dengan alat komunikasi, kita sangat kesulitan karena di daerah kami sinyal sangat susah, pakai wifi pun kadang masih lemot. Karena memang wilayah yang dikelilingi oleh gunung”, ungkap Nur Johan.

Namun demikian, pihaknya tetap semangat dan optmis untuk terus membangun dan mensejahterakan masyarakat Desa Bantarmangu.

Kepala Desa Bantarmangu Nur Johan saat membuka Acara Sosialisasi dan Pembentukan KIM
Kepala Desa Bantarmangu Nur Johan saat membuka Acara Sosialisasi dan Pembentukan KIM

Lebih lanjut dijelaskan, Desa Bantarmangu memiliki potensi yang perlu di angkat menjadi produk unggulan seperti produksi jamu gendong, jajanan pasar, dan gula aren.

“Kami selalu mendorong dan memotivasi masyarakat untuk terus meningkatkan produksi apapun yang ada menjadi produk unggulan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat” imbuh Johan.

Pihaknya berharap, agar pengurus KIM dapat mempercepat proses penyampaian informasi secara akurat, tidak simpang siur dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan KIM, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Diskominfo Cilacap Sherly Dyah Permanasari. Dijelaskan KIM merupakan lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat secara khusus sebagai layanan informasi masyarakat terhadap isu-isu pembangunan sesuai kebutuhannya.

Diharapkan, masyarakat mampu menerima, menyaring dan  mencari kebenaran sebuah informasi, sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat adalah informasi yang benar adanya.

“KIM yang terbentuk nanti harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan potensi desa yang ada”, ungkap Sherly.

Lebih lanjut dijekaskan, tujuan dibentuknya KIM adalah meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, keterampilan, kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

“KIM itu sebagai mediator komunikasi dan informasi pemerintahan dan pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan, serta sebagai mitra pemerintah penyebarluasan, sosialisasi dan diseminasi informasi pembangunan kepada masyarakat”, pungkas Sherly.

Foto Bersama dengan Anggota KIM Lancar Bae Desa Bantarmangu Kecamatan Cimanggu
Foto Bersama dengan Anggota KIM Lancar Bae Desa Bantarmangu Kecamatan Cimanggu

KIM Desa Bantarmangu dibentuk dengan nama KIM Lancar Bae yang diketuai oleh Sudarto, Wakil Ketua Imam Prayogi, Sekretaris Mursinah, Bendahara Sarah dan dibantu empat seksi. Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM Nur Ridwan, Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi Wartono, Seksi Pelayanan dan Diseminasi Informasi Toto, Seksi Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Tati Setiawati, dengan Pelindung Kepala Desa Bantarmangu Nur Johan. (wd/kominfo)

Widi Ardiyan

REPORTER TEAM DISKOMINFO