KIM Warta Raja : Untuk Komunikasi yang Lebih Baik di Desa Adiraja
Foto bersama dengan Pengurus KIM Warta Raja desa Adiraja Kec. Adipala

KIM Warta Raja : Untuk Komunikasi yang Lebih Baik di Desa Adiraja

CILACAP – Untuk ketiga kalinya dalam gelombang kedua di tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kembali melaksanakan Sosialisasi dan pembentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada Rabu (2/6/2021).

Pada kesempatan ini, kegiatan dilaksanakan di Desa Adiraja, Kecamatan Adipala. Acara dibuka oleh Camat Adipala Drs. Teguh Prastowo, M.Si, dihadiri Kepala Desa Adiraja, Sugiartono, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Adiraja, Bripka Gunawan Yoki Hendarto dan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Diskominfo Cilacap, Sherly Dyah Permanasari, S.E.,M.M.

Camat Adipala Teguh Prastowo saat membuka acara menyampaikan 6 hal yang harus diperhatikan oleh pengurus KIM, yaitu profesional, prosedural, proporsional, proaktif, progresif dan produktif.

Pihaknya berharap, agar pengurus KIM dapat mempercepat proses penyampaian informasi kepada masyarakat.

 “Harapan kami KIM ini bisa profesional, artinya informasi yang ada sesuai dengan keadaan di lapangan, waktunya tepat.Jadi informasinya tidak basi,” ujar Teguh.

Camat Adipala Teguh Prastowo saat membuka Acara Sosialisasi dan Pembentukan KIM
Camat Adipala Teguh Prastowo saat membuka Acara Sosialisasi dan Pembentukan KIM

 

Sementara itu, Kepala Desa Adiraja Sugiartono mengatakan, melalui pembentukan KIM, diharapkan nantinya informasi-informasi penting terutama informasi pembangunan derah dapat tersampaiakan kepada masyarakat dengan baik.

“Semoga dengan KIM ini, informasi yang sampai di masyarakat adalah informasi yang akurat, tidak simpang siur dan bermanfaat bagi masyarakat Adiraja” kata Sugiartono.

Sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan KIM, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik, Sherly Dyah Permanasari menjelaskan mengenai tujuan KIM dan skema kerjanya.

KIM hadir sebagai wadah untuk memantapkan kegotongroyongan antara masyarakat yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal, sehingga KIM dapat menampung aspirasi masyarakat yang nantinya akan menghasilkan kebijakan publik.

 “KIM nantinya bertugas menyebarluaskan informasi kepada masyarakat baik lewat media massa, pamflet, woro-woro, rembug warga dan sebagainya,” ungkap Sherly.

Kegiatan Sosialisasi KIM oleh Kabid Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Dyah Permanasari
Kegiatan Sosialisasi KIM oleh Kabid Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Dyah Permanasari

KIM Desa Adiraja dibentuk dengan nama KIM Warta Raja yang diketuai oleh Budi Setiono dan dibantu 23 orang yang menjabat sebagai wakil, sekretaris, bendahara dan 4 seksi yaitu Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM, Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi, Seksi Pelayanan dan Diseminasi Informasi serta Seksi Pengembangan Ekonomi Produktif. (ndn/wd/Kominfo)

 

Widi Ardiyan

REPORTER TEAM DISKOMINFO