You are currently viewing KIM Warta Tritih Lor Dituntut Mampu Manfaatkan Perkembangan Teknologi
Foto Bersama Pengurus KIM Warta Tritih Lor

KIM Warta Tritih Lor Dituntut Mampu Manfaatkan Perkembangan Teknologi

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di tahun 2023 ini direncanakan akan melaksanakan kegiatan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebanyak 4 (empat) kali dan penguatan KIM yang sudah terbentuk sebanyak 3 (tiga) kali.

Untuk pembentukan KIM yang pertama di tahun 2023 ini dilaksanakan di Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi pada Rabu (24/05/2023).

Acara tersebut dihadiri Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Dyah Permanasari (mewakili Kepala Diskominfo), Subkoordinator Pengelolaan Media Informasi dan Persandian Arin Nastuti, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta warga masyarakat Desa Tritih Lor dari berbagai elmen.

Sosialisasi dan Pembentukan KIM Desa Tritih Lor
Sosialisasi dan Pembentukan KIM Desa Tritih Lor

Kepala Desa Tritih Lor Sujud dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Diskominfo Cilacap atas terselenggaranya acara tersebut. Pihaknya berharap dengan pembentukan KIM ini nantinya segala macam informasi dapat diakses dan bisa disebar luaskan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Sujud menjelaskan, di era digital saat ini kita dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi, namun jangan sampai menjadi korban dari perkembangan tekhnologi itu sendiri.

“Kita harus bisa mengikuti perkembangan, jangan sampai kita tertinggal karena eranya saat ini itu serba elektronik”, tegas Sujud.

Dicontohkan, dipemerintahan Desa Tritih Lor saat ini sudah mulai diterapkan pemanfaatan surat elektromik dengan aplikasi Srikandi.

“Jadi sekarang kepala desa sudah tidak lagi tandatangan surat secara fisik, namun sudah secara otomatis di aplikasi nanti berupa kode (barcode), itu salah satu pemanfaatan tekhnologi”, pungkas Sujud.

Sosialisasi dan Pembentukan KIM Desa Tritih Lor
Sosialisasi dan Pembentukan KIM Desa Tritih Lor

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Sherly Dyah Permanasari dalam paparannya menjelaskan apa itu KIM, tugas dan fungsi KIM dalam masyarakat. Dijelaskan KIM yang dibentuk, nantinya bisa berjalan dan memanfaatkan organisasi ini untuk semaksimal mungkin menggali dan mengembangkan potensi desa yang ada sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya KIM diharapkan mampu melaksanakan pengelolaan informasi dengan mengakses, menyaring dan menyampaikan kepada masyarakat.

“Di era saat ini, banyak sekali informasi yang beredar dengan cepatnya dan tidak sedikit informasi yang beredar itu adalah informasi yang tidak benar atau hoax yang disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, untuk itu, disinilah peran anggota KIM untuk menjadi penyaring dan pengolah informasi yang ada sehingga informasi yang diterima oleh masyarakat adalah informasi yang benar, akurat, dapat dipertanggung jawabkan dan bermanfaat bagi masyarakat”, jelas Sherly.

Sherly menambahkan, dengan perkembangan tekhnologi saat ini KIM harus mampu memanfaatkannya dalam mempromosikan potensi desa secara  cepat, efektif dan efisien melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan lain-lain.

KIM Tritih Lor dibentuk dengan nama KIM Warta Tritih Lor yang diketuai oleh Suyatno, Wakil Ketua Lia Anggraeni, Sekretaris Daryani, Bendahara Siti Alifah Cahyani dan dibantu 4 seksi. Seksi Organisasi dan Peningkatan SDM Kusdiarto, Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi Turiyah, Seksi Pelayanan dan Diseminasi Informasi Warsim dan Seksi Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Suparni dengan Penasehat Kepala Desa Tritih Lor Sujud. (wd/kominfo)

Widi Ardiyan

REPORTER TEAM DISKOMINFO