You are currently viewing KKP Hibahkan Aset Senilai Rp 4,49 Milyar untuk Pemkab Cilacap
Pemkab Cilacap menerima hibah aset senilai Rp 4,4 milyar dari KKP.

KKP Hibahkan Aset Senilai Rp 4,49 Milyar untuk Pemkab Cilacap

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap mendapatkan hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa tanah, bangunan, peralatan dan mesin, serta jaringan yang berada di Jalan Bima, Kelurahan Kebonmanis Kecamatan Cilacap Utara dengan nilai aset sebesar Rp 4.492.979.000.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah (NPH) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) dilakukan Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, bersama Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Cilacap M. Hudawi

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Kepala Biro Keuangan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Cipto Hadi Prayitno, serta Sekretaris Direktorat Jenderal PSDKP Suharta.

Kepala Biro Keuangan KKP, Cipto Hadi Prayitno menjelaskan, hibah ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian kerjasama antara Pemkab Cilacap dengan KKP. Sebelumnya, Pemkab Cilacap menghibahkan tanah dan bangunan untuk KKP berupa tanah bangunan kantor pemerintah di Pelabuhan Penyeberangan Lomanis, dengan nilai mencapai Rp 4,484 milyar.

“Hal ini menunjukkan sinergi, koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dengan daerah. Dalam hal ini KKP dengan Pemkab Cilacap”, kata Cipto.

Sekretaris Ditjen PSDKP, Suharta menyambut baik kerjasama hibah antara KKP dengan Pemkab Cilacap. Suharta menilai, tanah dan bangunan di Pelabuhan Penyeberangan Lomanis sangat strategis untuk kegiatan pengawasan sektor perikanan PPS Cilacap.

“Dengan pengawasan terukur berbasis kuota, PPS Cilacap menjadi salah satu hub di bagian barat. Seluruh kegiatan perikanan akan didaratkan di PPS Cilacap, sehingga perekonomian dari sektor perikanan bisa menjadi salah satu prioritas selain minyak”, kata Suharta.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan terimakasih atas hibah aset dari KKP. Pihaknya meminta seluruh jajaran Pemkab Cilacap agar dapat mengelola dan memanfaatkan aset yang ada untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Besar harapan kami, bantuan dan dukungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia kepada Kabupaten Cilacap dapat di tingkatkan kembali di masa yang akan datang”, kata Bupati.(wd/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM