Konfirmasi Covid-19 Melonjak, Bupati Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan
Bupati Tatto S. Pamuji menyampaikan data terbaru perkembangan Covid-19 di Cilacap, Rabu (19/8).

Konfirmasi Covid-19 Melonjak, Bupati Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan

CILACAP – Jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Cilacap, Rabu (19/8) melonjak tajam. Bupati Tatto Suwarto Pamuji menjelaskan, hal ini diketahui setelah hasil laboratorium pemeriksaan PCR masif sejak 6 hingga 13 Agustus 2020 diterima.

Dari 339 pemeriksaan pada kelompok prolanis Puskesmas dan ASN calon peserta diklat, ada 20 orang yang dinyatakan positif. Yakni 1 orang dari Kecamatan Dayaeuhluhur, 3 orang dari Kecamatan Wanareja, 3 orang dari Kecamatan Majenang, dan 1 orang dari Kecamatan Cimanggu.

Kemudian 2 orang dari Kecamatan Karangpucung, 3 orang dari Kecamatan Sidareja, 2 orang dari Kecamatan Kesugihan, 2 orang dari Kecamatan Kroya, 1 orang dari Kecamatan Cilacap Utara, 1 orang dari Kecamatan Cilacap Tengah, dan 1 orang dari Kecamatan Cilacap Selatan.

“Hari ini langsung dilaksanakan contact tracing agresif dan pemeriksaan PCR masif ke beberapa OPD yang terkait dengan kasus konfirmasi positif”, tegas Bupati.

Baca juga : Perkembangan Konfirmasi Covid-19 di Cilacap, Tiga Orang Positif

Adapun kasus suspek yang dinyatakan negatif sebanyak 6 orang. Yakni 1 orang dari Kecamatan Wanareja, 1 orang dari Kecamatan Bantarsari, 1 orang dari Kecamatan Moas, 1 orang dari Kecamatan Cilacap Tengah, dan 1 orang dari Kecamatan Cilacap Selatan.

Dengan perkembangan terkini, jumlah kasus konfirmasi Covid-19 sebanyak 103 orang dengan rincian 76 sembuh, 26 dalam perawatan dan 1 meninggal. Jika dihitung dalam persentase angka kesembuhan COVID-19 di Kabupaten Cilacap adalah 73,79%, dan angka kematiannya 0,97 %.

Sedangkan jumlah kasus suspek saat ini sebanyak 1 orang dan kontak erat sebanyak 48 orang. Atas fakta tersebut, Bupati kembali menegaskan pentingnya penerapan protokol kesehatan. Masyarakat dihimbau untuk tetap mengenakan masker saat beraktivitas, mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir serta menjaga jarak fisik.

“Juga menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta berolahraga untuk meningkatkan kekebalan tubuh”, pungkasnya.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 225
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM