You are currently viewing Kwarcab 1101 Cilacap Komitmen Kembangkan Gugus Depan Mantab

Kwarcab 1101 Cilacap Komitmen Kembangkan Gugus Depan Mantab

CILACAP – Kwartir Cabang 1101 Cilacap berkomitmen mengembangkan Gugus Depan Mantab di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Gugus Depan Mantab merupakan postur Gudep yang mempunyai keunggulan dibidang manajemen dan administrasi, SDM, Keuangan, Sarana Prasarana, Prestasi, Kemitraan dan Kehumasan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Harian Kwarcab 1101 Cilacap Ir. Sujito MSi mewakili Ketua Kwarcab 1101 Cilacap saat membuka kegiatan Sosialisasi Pengembangan Gugus Depan Mantab dan Pengelolaan Pramuka Garuda bagi para Pengurus Kwaran se Kabupaten Cilacap, bertempat di Ruang Jala Bhumi, Senin (30/9/2019).

“Sehingga dari Gudep tersebut akan terwujud anggota pramuka yg berkualitas, percaya diri serta diyakini mempunyai karakter kebangsaan, kecakapan dan kepedulian yang baik”, jelasnya.

Menurut Sujito, pengembangan Gudep Mantab ini diarahkan untuk mendorong seluruh anggota pramuka agar mencapai syarat kecakapan kepramukaan. Baik kecakapan umum, khusus dan Pramuka garuda. “Oleh karena itu, saya minta kepada para pengurus kwaran untuk menindaklanjuti hasil sosialisasi ini, dan menyampaikan kepada seluruh gudep yang ada di wilayahnya masing-masing,” kata Sujito.

Terpisah Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab 1101 Cilacap, Taryo, S.Sos, M.Si mengatakan pembentukan Gugus Depan mantab merupakan tindak lanjut dari rencana kerja Kwarda Jawa Tengah. Yaitu memantabkan kualitas gugus depan dan satuan karya pramuka sebagai ujung tombak pembinaan kepramukaan.

“Kita berharap melalui sosialisasi ini nanti akan terbentuk sejumlah gugus depan mantab, termasuk juga semakin bertambahnya pramuka garuda, karena salah satu syarat gugus depan mantab tersebut apabila sudah berhasil mendorong, memfasilitasi dan menjadikan anggota pramukanya menjadi anggota pramuka garuda,” kata Taryo. 

Menurut Taryo, untuk Kwarda Jawa Tengah dalam kurun waktu 5 tahun kedepan mempunyai target mencetak 50 ribu pramuka garuda. Dan ini kalau di bagi 35 kabupaten/kota se jawa tengah berarti tiap kwarcab harus mampu mencetak sekitar 285 orang setiap tahunnya. ” Kalau untuk Cilacap semoga bisa lebih dari itu, terlebih kalau kita bagi seluruh kwarran hanya 12 orang setiap tahunnya, ” kata Taryo. 

Kegiatan sosialisasi diikuti sekitar 100 orang lebih, yang merupakan perwakilan dari pengurus kwarran masing-masing 4 orang dan pengurus kwarcab 1101 Cilacap.(pdm/gs/kominfo)

Foto : Sosialisasi Pengembangan Gugus Depan Mantab dan Pramuyka Garuda Kwarcab 1101 Cilacap.

Leave a Reply