You are currently viewing Kwarcab Cilacap Gelar Muscab ke-15, Sarana Evaluasi dan Rencana Program Kepramukaan
Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri memukul gong menandai pembukaan Muscab XV Kwarcab Cilacap.

Kwarcab Cilacap Gelar Muscab ke-15, Sarana Evaluasi dan Rencana Program Kepramukaan

CILACAP – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 1101 Cilacap mengadakan Musyawarah Cabang (Muscab) ke-15 Tahun 2024 di Pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Minggu (3/3/2024). Muscab dihadiri oleh 220 peserta yang terdiri dari pengurus Kwarcab, Kwartir Ranting (Kwarran), dan perwakilan gugusdepan dan satuan karya se-Kabupaten Cilacap.

Muscab merupakan forum tertinggi Kwarcab yang bertujuan untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus Kwarcab masa bakti 2018-2023, menyusun rancangan program kerja Kwarcab 2023-2028, dan memilih pengurus Kwarcab periode selanjutnya.

Ketua Panitia Muscab XV Kwarcab Cilacap Tahun 2024, Sumaryo, mengatakan bahwa Muscab juga menjadi wahana informasi dan komunikasi antara Kwarcab dengan Kwarran dalam upaya pengembangan gerakan pramuka di Kabupaten Cilacap.

“Kami berharap Muscab ini dapat menghasilkan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan kepramukaan di era digital, serta dapat memilih pengurus yang kompeten dan berdedikasi untuk memajukan gerakan pramuka di Cilacap,” ujar Sumaryo.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Ketua bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Kartono, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah mengapresiasi pelaksanaan Muscab Kwarcab Cilacap dan memberikan beberapa arahan untuk meningkatkan kualitas kepramukaan di Cilacap.

DSC 4446 scaled

“Kwarda Jawa Tengah memiliki visi untuk mewujudkan anggota pramuka Jawa Tengah yang berkarakter, berkecakapan hidup, dan adaptif. Visi ini harus diwujudkan melalui program kepramukaan yang beradaptasi dan berinovasi dengan tantangan kepramukaan dalam membersamai generasi Z,” kata Kartono.

Kartono juga mengharapkan Kwarcab Cilacap dapat menyusun program sinergitas dan kemitraan dengan pemerintah daerah dan lembaga lain, menfasilitasi gugus depan dan pangkalan satuan karya menjadi lebih mantap, menggalakkan kegiatan kursus pembina mahir, dan menjadikan aksi pramuka peduli menjadi spirit dan nafas pramuka.

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) 1101 Cilacap, Awaluddin Muuri, yang membuka acara secara simbolis dengan pemukulan gong, berharap Muscab dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan menghasilkan keputusan yang strategis bagi perkembangan gerakan pramuka di Cilacap.

“Kegiatan ini mempunyai arti dan makna penting bagi perjalanan dan perkembangan gerakan pramuka Kabupaten Cilacap ke depan. Selain untuk mengetahui pelaksanaan program kerja Kwarcab Cilacap tahun 2018-2024 serta terinformasikan rancangan program kerja Kwarcab Cilacap periode selanjutnya,” tutur Awaluddin.

Muscab Kwarcab Cilacap mengangkat empat agenda persidangan utama, yaitu sidang pendahuluan, sidang pleno, sidang komisi, dan sidang tim perumus. Sidang yang dipimpin Ketua Harian Kwarcab Cilacap Sujito ini membahas laporan pertanggungjawaban dan rancangan program kerja Kwarcab, rancangan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Kwarcab, dan menyusun hasil-hasil Muscab.(dn/kominfo)

DSC 4473

DSC 4456 scaled

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM