You are currently viewing Libatkan Media, BNNK Cilacap Sosialisasikan Program Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba
BNNK Cilacap libatkan media massa dalam sosialisasi program rehabilitasi penyalahguna narkoba.

Libatkan Media, BNNK Cilacap Sosialisasikan Program Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba

CILACAP – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cilacap terus berupaya mengoptimalkan Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Salah satunya dengan melibatkan media massa untuk penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

Dalam hal ini, BNNK Cilacap menekankan upaya rehabilitasi pada korban penyalahgunaan narkoba. Hal tersebut disampaikan Analis Intelijen Taktis BNNK Cilacap Rizky Hastono, dalam Workshop Penguatan Kapasitas Terhadap Insan Media di Hotel Dafam Cilacap, Kamis (4/3/2021).

“Rehabilitasi diperuntukkan untuk korban, bukan bandar atau pengedar. Mekanismenya, pelaku yang tertangkap akan diselidiki oleh tim penyidik untuk menentukan berhak atau tidaknya mendapatkan rehabilitasi”, kata Rizky.

Upaya rehabilitasi atau dekriminalisasi sendiri, menurut Rizky diatur dalam Pasal 54 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan rehabilitasi, korban akan mendapat bantuan dari dokter, psikolog dan mendapat edukasi tentang narkotika. BNNK juga menyediakan rehabilitasi rawat jalan dengan didampingi wali korban.

Dengan melibatkan media massa, BNNK Cilacap berharap program rehabilitasi ini diketahui masyarakat. Masyarakat juga diminta untuk tidak takut dan menyampaikan informasi kepada BNNK Cilacap, apabila mengetahui ada korban penyalahgunaan narkoba.

Workshop dihadiri Sub Koordinator Bidang Rehabilitasi Gentur Widyo Sasono, Penyuluh Narkoba BNNK Cilacap Raras Ambororetno, Pemimpin Redaksi hestek.id, dan diikuti sejumlah awak media yang bertugas di Kota Cilacap.(mia/dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM