Logo HUT ke – 164 Kabupaten Cilacap dan Filosofi di Dalamnya
Logo HUT ke - 164 Kabupaten Cilacap karya Fajar Ragil Maulidin dari Desa Mernek Maos.

Logo HUT ke – 164 Kabupaten Cilacap dan Filosofi di Dalamnya

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap telah menetapkan logo Hari Jadi ke – 164 Kabupaten Cilacap. Penetapan ini dilakukan melalui proses kompetisi terbuka yang digelar sejak awal Januari hingga 10 Februari 2020 lalu. Adapun pemenang lomba logo kali ini yakni karya milik Fajar Ragil Maulidin dari  Desa Mernek Maos.

Pada logo tersebut angka 1 digambarkan dengan dominasi warna biru dengan nyala api di atasnya, untuk melukiskan kondisi geografis kota Cilacap sebagai salah satu kota industri dan kelautan yang terletak di pesisir selatan Pulau Jawa.

Selanjutnya angka 6 digambarkan dengan dominasi warna hijau, melambangkan kesuburan, kemakmuran, kesederhanaan, serta keasrian Kabupaten Cilacap yang sebagian besar merupakan wilayah perdesaan dan pertanian. Warna ini juga menggambarkan slogan Pemkab Cilacap yakni Bangga Mbangun Desa.

Sedangkan angka 4 digambarkan sebagai pita berwarna kuning keemasan yang saling bersinggungan, melambangkan keharmonisan, kerukunan, konektivitas antarwilayah dan birokasi Pemkab Cilacap yang profesional dengan semangat kebersamaan guna mencapai kemajuan dan kesejahteraan.

Secara umum, konsep dasar logo ini adalah nyala api obor yang menggambarkan semangat pemerintah dan masyarakat Kabupaten Cilacap di usianya yang ke – 164 tahun, untuk terus bekerja bersama dalam membangun Kabupaten Cilacap yang makmur dan sejahtera.

Ketua Dewan Juri Lomba Logo HUT ke – 164 Kabupaten Cilacap, Ansor Basuki menjelaskan, dari 126 karya yang masuk, pihaknya memilih 4 karya terbaik. Empat kreator terbaik selanjutnya diwawancarai untuk mengetahui orisinalitas dan filosofi, termasuk teknis pembuatannya.

“Wawancara dan teknis pembuatan dilakukan untuk menghindari kemungkinan plagiat. Sebab dari ratusan karya yang masuk ternyata ada yang menjiplak logo lain dari luar Jawa”, tandasnya.(dn/komifno)

Jumlah Pengunjung : 434
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM

Leave a Reply