Lomba Bercerita Upaya Tingkatkan Minat Baca
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Supriyanto didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan Hantari dan Dewan Juri

Lomba Bercerita Upaya Tingkatkan Minat Baca

CILACAP – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Daerah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Lomba Bercerita bagi siswa-siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2021 yang diselenggarakan di Sindoro Hotel Cilacap, Senin (13/04/2021).

Dalam laporanya Ketua Panitia Penyelenggara Handari mengatakan, kegiatan lomba bercerita tingkat SD/MI ini diikuti 24 siswa perwakilan dari tiap kecamatan, dengan tujuan menumbuh kembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, menumbuh kembangkan kecintaan anak-anak akan karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku.

“Selain itu juga untuk mendukung upaya pelestarian dan pengembangan pesan-pesan dan sepirit serta nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita sebagai salah satu kekayaan bangsa” kata Handari.

Salah satu peserta saat tampil dalam Lomba Bercerita
Salah satu peserta saat tampil dalam Lomba Bercerita

Sementara itu, Kepala Dinas Arpus Kabupaten Cilacap, Supriyanto yang sekaligus membuka kegiatan Lomba Bercerita menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai kegiatan pendukung pendidikan karakter, kecerdasan, inovasi, serta daya kompetetif bangsa dengan dasar literasi.

“Pembudayaan dan kegemaran membaca adalah dua hal yang bersinergi dan menjadi faktor penting bagi suatu bangsa atau generasi dalam membangun karakter bangsa” ungkap Supriyanto.

Supriyanto menambahkan, Lomba Bercerita ini merupakan lomba berjenjang yang  menjadi agenda tahunan dari program Perpustakaan Nasional (Perpusnas), dan menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah Kabupaten Cilacap, karena setiap tahun Kabupaten Cilacap menorehkan prestasi yang cukup membanggakan, dan pemenang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pemenang nanti akan diikutsertakan di tingkat provinsi melalui rekaman video.

“Saya berharap, para kandidat ini nanti yang mengikuti lomba, bisa tampil secara maksimal sehingga bisa masuk di level nasional”, pungkas Supriyanto.

Dewan Juri saat membacakan pengumuman pemenang Lomba Bercerita
Dewan Juri saat membacakan pengumuman pemenang Lomba Bercerita

Dalam lomba tersebut dinilai oleh 3 dewan juri yaitu Kempho Antaka, Dedy Andriyanto, dan Anang Nurasa. Sebagai juara 1 Quinsha Faradilla Haqqie dari SDN Slarang 04 / Kesugihan, juara 2 Fathiya Syifana Putri Arista dari  SD Al-Irsyad 01 / Cilacap Selatan, juara 3 Bintang Naomy Nguyen dari SDN Sidareja 01 / Sidareja, juara harapan 1 Aysha Khanza Laksmita Sudrajat dari  SD Islam Plus Masyithoh / Kroya, juaran harapan 2 Evolette Litanny Gunawan dari SDN Sidasari 01 / Sampang, dan juara harapan 3 Rahmalia Dwi Ariyanti dari SDN Tambaksari 02 / Wanareja.

Masing-masing pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa Thropy, Piagam penghargaan dan uang pembinaan. (wd/kominfo)

Widi Ardiyan

REPORTER TEAM DISKOMINFO