Tingkatkan Jangkauan Siar, LPPL Bercahaya FM Cilacap Integrasikan Siaran Streaming

Tingkatkan Jangkauan Siar, LPPL Bercahaya FM Cilacap Integrasikan Siaran Streaming

CILACAP – Untuk meningkatkan kapasitas SDM kepenyiaran pada media elektronik daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap menggelar Bimbingan Teknis Penerapan Teknologi Informatika (Streaming) pada Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Bercahaya FM Cilacap.

Pelaksanaan Bimtek LPPL Bercahaya FM Cilacap

Bimtek diikuti seluruh staf dan karyawan LPPL Bercahaya FM Cilacap, dan pelaksanaannya dibuka Kepala Diskominfo Kabupaten Cilacap, Drs. M Wijaya, MM, Rabu (4/11). Dalam sambutannya Wjaya berharap langkah ini makin memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi pembangunan daerah.

“LPPL Radio Bercahaya FM merupakan media elektronik milik pemerintah daerah. Keberadaannya harus dioptimalkan, salah satunya melalui pendekatan teknologi kekinian melalui streaming”, jelasnya.

Menurt Wijaya, hal tersebut harus diimbangi dengan penguatan SDM maupun sarana prasarana penunjang. Sebab sarana streaming memungkinkan seluruh program siaran diakses oleh masyarakat global. Sehingga kualitas SDM yang memadai diperlukan untuk menjawab tantangan tersebut.

Bimtek LPPL Bercahaya fm Cilacap

Bimtek tersebut menghadirkan narasumber Praktisi Broadcasting, Immawan Sujatmiko, S.T serta Staf Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik Diskominfo Cilacap, Sunny Capto Perdana, S. Kom.

Secara umum dijelaskan bahwa streaming yang akan diaplikasikan menggunakan koneksi internet untuk mentransmisikan siaran dalam bentuk data digital. Selanjutnya diubah menjadi gelombang suara oleh media player yang digunakan.

Selama memiliki jaringan internet, siaran tersebut dapat diterima di berbagai belahan dunia. Keuntungannya, keluaran suara yang dihasilkan lebih jernih dibandingkan sistem konvensional. Kedepan, sistem ini akan terintegrasi dalam layanan aplikasi berbasis android yang lazim digunakan masyarakat.(*)

Jumlah Pengunjung : 49
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM