You are currently viewing Mengolah Daun Gedi, Cilacap Utara Menang Lomba Cipta Menu B2SA
Ketus TP PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih bersama dengan Juara Lomba Cipta Menu B2SA tahun 2022.

Mengolah Daun Gedi, Cilacap Utara Menang Lomba Cipta Menu B2SA

CILACAP – Mengolah Daun Gedi yang kaya akan protein menjadi Gulai Daun Gedi dan Labu Kuning, membuat Tim Penggerak PKK Cilacap Utara berhasil menjadi juara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (LCM B2SA) Kabupaten Cilacap tahun 2022, yang digelar di Gedung Sumekar, Rabu (22/6/2022).

Daun Gedi yang dikenal juga dengan sebutan pepaya Jepang ternyata mengandung beragam nutrisi dan memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Salah satunya mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang.

“Karena lomba kali ini kami disuruh membuat menu masakan untuk anak perempuan usia 12 tahun, jadi ini kami buat Gulai Daun Gedi yang kaya akan protein untuk anak yang memasuki usia remaja,” jelas peserta Cilacap Utara.

IMG 5923

Selain Daun Gedi, TP PKK Cilacap Utara juga mengolah bahan utama singkong dan sukun menjadi Nasi Sawut Bumbu Kunyit dan Sukun Panggang Brokoli.

Pada gelaran tahun ini, LCM BS2A menjadikan singkong sebagai sumber karbohidrat utama dan sukun sebagai bahan utama kudapan untuk menu satu hari, (makan pagi, siang, malam dan kudapan). Menu ini diperuntukkan bagi keluarga inti yang terdiri dari Bapak usia 45 tahun, Ibu usia 35 tahun dan anak perempuan usia 12 tahun.

IMG 5992

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji yang hadir langsung membuka dan meninjau jalannya lomba mengharapkan hasil masakan hari ini selain bergizi juga bisa menjadi ide usaha yang menghasilkan profit.

“Makanan disini kalau bisa dikemas dengan baik bisa jadi produk jualan. Jadi kita lihat yang paling inovatif, nanti akan kita berikan modal untuk dijual,” ujar Bupati saat membuka acara.

IMG 6176

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Teti Rohatiningsih mengharapkan dengan adanya Lomba Cipta Menu, masyarakat bisa memanfaatkan kekayaan hayati di sekitar menjadi makanan dengan gizi tinggi.

“Olahan makanan ini baik sekali, bisa dikonsumsi oleh keluarga dan bermanfaat bagi anak-anak kita. Apalagi dengan harga yang minimal mengandung gizi yang luar biasa. Dengan mengolah bahan makanan ini dengan baik, Insya Allah angka stunting di Cilacap akan berkurang karena gizi anak terpenuhi,” harapnya.

Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman yang digelar oleh Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap diikuti oleh 28 tim yang berasal dari 24 TP PKK Kecamatan di Kabupaten Cilacap, serta 4 Gabungan Organisasi Wanita (Dharma Wanita Persatuan, Ikatan Bidan Indonesia, Bhayangkari dan Gatriwarada).

Berikut adalah juara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (LCM B2SA) Kabupaten Cilacap Tahun 2022 :

Juara 1 TP PKK Kecamatan Cilacap Utara

Juara 2 TP PKK Kecamatan Sidareja

Juara 3 TP PKK Kecamatan Cilacap Tengah

Juara Harapan 1 TP PKK Kecamatan Kroya

Juara Harapan 2 TP PKK Kecamatan Majenang

Juara Harapan 3 TP PKK Kecamatan Wanareja

(mia/kominfo)