You are currently viewing Menhub Pastikan Simpul Konektivitas Perhubungan di Cilacap Lebih Optimal
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua dari kiri) memastikan Kabupaten Cilacap akan terhubung dalam simpul konektivitas perhubungan dengan sejumlah kota besar.

Menhub Pastikan Simpul Konektivitas Perhubungan di Cilacap Lebih Optimal

CILACAP – Pemerintah RI memastikan Kabupaten Cilacap akan terhubung dalam simpul-simpul konektivitas perhubungan dengan sejumlah kota besar. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memastikan hal tersebut, usai meninjau sejumlah fasilitas perhubungan di Kabupaten Cilacap, Kamis (25/11/2021).

Fasilitas yang ditinjau yakni Bandara Tunggul Wulung di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa di Kelurahan Gunung Simping, Kecamatan Cilacap Tengah, dan Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

”Kita tahu bahwa kita akan memberdayakan pesawat baling baling dari kota kota kedua seperti Cilacap, ke Semarang dan Jakarta. Jadi dalam beberapa saat lagi ada konektivitas langsung dari Jakarta dan Semarang”, kata Budi.

Untuk simpul kedua yakni Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa, Budi menyambut baik rencana Pemkab Cilacap yang akan memanfaatkan sebagian fasilitas terminal menjadi Mall Pelayanan Publik (MPP). Dengan demikian, masyarakat dapat memanfaatkan layanan publik atas barang, jasa, maupun administrasi sesuai keperluaannya, dengan efektif dan efisien.

“Bikin IMB, KTP, SIM, STNK di situ semua. Jadi ada sinergi dari Kementerian Perhubungan dengan Pemda dan Kepolisian untuk menggunakan itu. Kalau ini dilaksanakan, Cilacap yang pertama kali melaksanakan itu”, jelasnya.

DSC 6381

Untuk simpul perhubungan yang ketiga yaitu pelabuhan, Budi mengakui selama pandemi belum dapat dimanfaatkan secara optimal. Padahal, Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap merupakan pelabuhan terbesar di selatan Jawa, dengan lokasi yang sangat strategis.

“Pelabuhan sekarang memang di masa pandemi tidak maksimal. Kita akan pikirkan bagaimana fungsi konektivitas pelabuhan ini bisa berjalan dengan baik,” tambahnya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap, apa yang disampaikan Menhub dapat segera direalisasikan. Sebab sebagai salah satu pusat kegiatan strategis nasional, konektivitas perhubungan di Kabupaten Cilacap belum begitu optimal. Terkait MPP, Pemkab Cilacap akan memanfaatkan lantai 2 terminal induk terbesar yang kini dikelola Kementerian Perhubungan.

“Cilacap sudah ada penerbangan, maka akan memudahkan tugas tugas kita baik ke pusat maupun provinsi. Kedua, (MPP) juga akan memudahkan perizinan di Cilacap. Ketiga, kita punya pelabuhan, nanti saya mohon bisa diaktifkan lagi agar kota ini jadi hidup”, kata Bupati.(wd/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM