You are currently viewing Nelayan Cilacap Ikuti Sosialisasi Jaminan Hari Tua
Sosialisasi JHT nelayan juga dihadiri beberapa mitra penyedia jasa asuransi nelayan seperti BPJS Ketenagakerjaan, DPLK BRI, serta Jasindo.

Nelayan Cilacap Ikuti Sosialisasi Jaminan Hari Tua

CILACAP – Sekitar 50 nelayan mengikuti sosialisasi kepesertaan Jaminan Hari Tua di Kantor Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC) Kelurahan Tegal Kamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Rabu (7/10/2021).

Sosialisasi digelar untuk memberikan pemahaman pentingnya asuransi bagi nelayan. Acara dihadiri Kepala Kantor PPSC Cilacap Imas, Direktoral Jenderal Pelayanan dan Perijinan Jati Pramono, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Jawa Tengah yang di wakili Lilik Widodo, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap Ditiasa Pradipta, Forkopincam Cilacap Selatan, serta perwakilan HNSI Cilacap.

Perwakilan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Provinsi Jawa Tengah, Lilik Widodo  mengungkapkan, asuransi bagi nelayan sejalan dengan diterbitkannya PP Nomor 27 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Dibidang Kelautan dan Perikanan yang salah satunya mengatur asuransi nelayan dan jaminan hari tua.

“Asuransi nelayan dapat menjamin usaha penangkapan ikan lebih baik, karena kita sama-sama menyadari profesi ini memiliki resiko yang sangat tinggi”, jelasnya.

Selain diikuti nelayan, sosialisasi juga dihadiri beberapa mitra penyedia jasa asuransi nelayan seperti BPJS Ketenagakerjaan, DPLK BRI, serta Jasindo yang telah berkerja sama dengan Ditjen Perikanan Tangkap. Rangkaian sosialisasi juga telah dilakukan, baik melalui program Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) maupun Asuransi Nelayan Mandiri.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM