You are currently viewing <em>Nguri-uri Kabudayan</em>, “Antasena Rabi” Berlangsung Meriah
Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar saat prosesi penyerahan tokoh wayang kepada dalang Ki Guntur Riyanto, Jumat (25/11/2022).

Nguri-uri Kabudayan, “Antasena Rabi” Berlangsung Meriah

CILACAP – Untuk penyebarluasan informasi pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bersama dengan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) menyelenggarakan Pagelaran Wayang Kulit bertajuk “Antasena Rabi” di Balai Desa Glempang, Maos, Cilacap pada Jumat (25/11/2022) malam.

Antusiasme masyarakat sangat terlihat dengan bertambahnya jumlah penonton meskipun hujan yang cukup deras mengguyur wilayah Glempang dan sekitarnya. Deretan penjual makanan, minuman, mainan ikut membanjiri area pertunjukkan tersebut. Pagelaran ini merupakan pertunjukkan pertama yang diadakan secara terbuka setelah sekitar dua tahun lalu berlangsung secara virtual karena efek dari Pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar hadir dalam acara tersebut. Turut mendampingi beliau, Wakil Ketua DPRD Purwati, Kepala Diskominfo Supriyanto, Kepala Satpol PP Luhur Satrio Muchsin, Kepala Bakesbangpol Taryo, Kepala Disporapar Paiman, Kepala Dispertan Susilan, perwakilan Dinas P dan K, Camat Maos Trias Handayani dan para perangkat desa setempat.

Tak hanya semangat menyaksikan pertunjukkan wayang, masyarakat juga menanti-nantikan sosok yang saat ini menjadi orang nomor satu di Cilacap ini. Hal tersebut terlihat ketika masyarakat ikut mengabadikan moment saat Pj Bupati Yunita memberikan sambutan dan menyerahkan tokoh wayang kepada dalang Ki Guntur Riyanto.

Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar.
Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar.

Dalam sambutannya, Yunita menceritakan masa kecilnya yang ternyata juga sering menonton pagelaran wayang bersama dengan sang ayah. Ia juga mengaku menyukai tembang-tembang Jawa yang dibawakan oleh para sinden. Bahkan beliau dengan luwes menyanyikan tembang Jawa “Yen Ing Tawang Ana Lintang”.

“Saya suka wayang, suka tembang-tembangnya, suka makan gembusnya dan seneng nek ndeleng wargane rukun kaya kiye. Bisa kumpul rame-rame lan nguri-uri kabudayan,” ujarnya.

Ia lalu berpesan kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk tetap menjalankan prokes dan jangan takut untuk vaksin booster.

Kepala Diskominfo Cilacap Supriyanto.
Kepala Diskominfo Cilacap Supriyanto.

Sejalan dengan Pj Bupati, Kepala Diskominfo Supriyanto juga mengatakan bahwa salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah pelestarian budaya. “Kami mengemas informasi pembangunan melalui media tradisional ini supaya lebih mengena di masyarakat. Jadi masyarakat tidak hanya terhibur, tapi juga tahu apa saja yang sudah dicapai oleh Pemerintah Daerah. Selain itu wayang sebagai salah satu aset budaya, juga harus kita lestarikan,” katanya. (enka)

Nenden Komarasari

DISKOMINFO REPORTER TEAM