Nomenklatur Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap Akan Disesuaikan

Nomenklatur Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap Akan Disesuaikan

CILACAP – Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap akan mengalami penyesuaian nomenklatur seiring diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pedoman Nomenklatur dan Unit Kerja Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. 

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Organisasi Setda Cilacap, Aris Munandar, dalam Sosialisasi Pembinaan dan Pengendalian Penataan Perangkat Daerah, Kamis (26/9/2019). Acara dibuka Asisten Administrasi Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Uong Suparno, di Ruang Jalabumi kompek Setda Cilacap.

Dijelaskan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah telah berjalan sekitar 3 tahun. Sesuai amanat PP tersebut, pemerintah kabupaten/kota baru boleh melakukan evaluasi perangkat daerah paling singkat 2 tahun.

Saat ini, Pemkab Cilacap masih mengacu pada Permendagri Nomor 99 tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengendalian Penataan Perangkat Daerah dalam penataan kelembagaan. Dengan terbitnya Permendagri Nomor 56 Tahun 2019, penyesuaian ini berlaku paling lambat Desember 2019.

“Jadi dipastikan Sekretariat Daerah akan ada penyesuaian nomenklatur. Dan sesuai amanat diberlakukan paling lambat Desember 2019. Mau tidak mau, Setda akan ada perubahan”, kata Aris.

Aris berharap tidak ada perubahan yang signifikan. Sebab bila merujuk PP Nomor 18 Tahun 2016, Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap berada pada tipe A, dengan perumpunan urusan yang diwadahi dalam bentuk Bagian maksimal 12 Bagian. Setda Cilacap sendiri saat ini memiliki 10 Bagian.

“Konsep desaian tata ruang perkantoran kita sudah disetting sedemikian rupa. Sehingga apabila dimekarkan lebih dari 10 bagian sudah tidak ada tempat. Tetapi kalau dikurangi sangat memungkinkan”, terangnya.

Sosialisasi diikuti 60 perwakilan unit kerja Pemkab Cilacap yang terdiri dari Kabag Administrasi dan Kasubbag Kepegawaian Sekretariat DPRD, Sekretaris dan Kasubbag Umum Inspektorat, Dinas, dan Badan, dan salah satu Kasubbag pada bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap.

Asisten Administrasi Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Uong Suparno saat membacakan Sambutan Sekda mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya percepatan reformasi birokrasi khususnya pada area penataan dan penguatan organisasi di Kabupaten Cilacap.

Sosialisasi ini diharapkan mendorong percepatan penataan dan penguatan organisasi untuk mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien serta optimal dalam berkinerja melalui pengukuran dan penilaian tingkat kematangan organisasi pada perangkat daerah atau unit kerja masing masing. (dn/kominfo)

Foto : Kegiatan Sosialisasi Pembinaan dan Pengendalian Penataan Perangkat Daerah bertujuan mendorong percepatan penataan dan penguatan organisasi di lingkungan Pemkab Cilacap.

image_pdfimage_print

Leave a Reply