Pasien Positif Covid-19 Pertama di Cilacap Sembuh
R, balita 4 tahun asal Desa Bulupayung yang dinyatakan positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang kerumah.

Pasien Positif Covid-19 Pertama di Cilacap Sembuh

CILACAP – Raut kegembiraan terpancar dari wajah R dan keluarganya. Balita asal Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan, Cilacap yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut, kini telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang kerumahnya, Rabu (15/4).

Dengan diantar petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, R kembali ke rumahnya dan disambut penuh sukacita oleh keluarga dan tetangga di lingkungannya. Bahkan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji beserta Forkopimda juga turut singgah ke kediamannya, untuk memberikan dukungan moral.

Baca juga : Antisipasi Corona, TMMD Desa Sikampuh Ditutup Tanpa Upacara

R terkonfirmasi positif Covid-19 pada Rabu (25/3) berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium. Selanjutnya sesuai protokol kesehatan penanganan pasien Covid-19, R menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Cilacap. Setelah dua kali menjalani pemeriksaan swab dengan hasil negatif, R dinyatakan sembuh.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menjelaskan, kabar gembira ini merupakan buah kerja keras segenap tim medis, sekaligus penyemangat bagi pasien dan petugas medis lainnya di Kabupaten Cilacap.

Pasien Covid-19 Sembuh
Bupati Tatto S. Pamuji bersama Forkopimda berkunjung ke kediaman keluarga R di Desa Bulupayung, Kesugihan.

Pemerintah Kabupaten Cilacap juga telah menerima konfirmasi negatif untuk 7 PDP lainnya. Yakni laki-laki berusia 17 tahun Dari Desa Keleng, Kesugihan dan dalam kondisi sehat. Perempuan usia 19 tahun dari Desa Welahan Wetan, Adipala, dan anak laki-laki usia 12 tahun dari Tambakreja, Cilacap Selatan.

Baca juga : Percepat Penanganan Covid-19, Petani Cilacap Sumbangkan 9,3 Ton Beras

Selanjutnya laki-laki 28 tahun dari Desa Kedawung, Kecamatan Kroya, laki-laki usia 44 tahun dari Desa Cibeunying, Majenang. Perempuan usia 43 tahun dari Kelurahan Gumilir, Cilacap Utara, pasien tersebut saat ini semuanya dalam kondisi stabil.

Adapun PDP lainnya yakni perempuan 50 tahun dari Kelurahan Tambakreja, Cilacap Selatan telah meninggal dunia pada 7 April 2020. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap juga telah konfirmasi positif Covid-19 untuk 2 orang. Yaitu laki-laki usia 62 tahun dari Desa Adimulya, Wanareja.

Bupati Rilis data Covid-19
Bupati Tatto S. Pamuji (rompi oranye) merilis data terbaru laporan Gugus Tugas Covid-19.

Pasien tersebut sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari Bandung. Kemudian laki-laki usia 40 tahun dari Desa Kuripan, Kesugihan dengan riwayat perjalanan dari Klaten. Pasien tersebut kini dalam kondisi baik, sudah diisolasi dan akan dilakukan swab ulang.

“Kami akan melakukan contact tracing dan akan menerapkan karantina bagi yang pernah kontak dengan pasien”, jelas Bupati.

Berdasarkan data terbaru ini, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 10 orang dengan rincian 1 sembuh, 8 dalam perawatan dan 1 meninggal. Sedangkan, PDP yang dirawat berjumlah 21 orang dan ODP 140 orang. Bupati berharap masyarakat tetap mematuhi segala himbauan dan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap.

“Kami meminta kepada segenap warga Cilacap untuk tetap diam di rumah, sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan selalu memakai masker ketika harus keluar rumah. Semoga Bencana ini segera berakhir”, pungkas Bupati.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 241
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM