Pelajar Milenial Harus Pahami Literasi Digital

Pelajar Milenial Harus Pahami Literasi Digital

CILACAP – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Drs. M. Wijaya, MM mengingatkan agar pelajar memanfaatkan kemajuan IT khususnya penggunaan internet dengan bijak. Misalnya mencari sumber bacaan, informasi terkini, maupun hal-hal positif lainnya.

Hal tersebut disampaikan kepada peserta Sosialisasi Jurnalistik Tingkat Pemula, di SMK Boedi Oetomo Cilacap, Senin (9/12/2019). Selain itu, untuk mendapatkan manfaat dari internet, generasi milenial ini perlu memahami literasi media agar terhindar dari dampak negatif persebaran hoaks.

“Kegiatan semacam ini kami adakan, agar para siswa memahami bagaimana memahami sebuah informasi. Termasuk bagaimana membuat sebuah produk jurnalistik”, kata Wijaya.

Pada kesempatan ini, Wijaya juga menyampaikan bahwa pemerintah menjamin kebebasan warga negara mendapatkan informasi dengan diterbitkannya Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Meski demikian, di sisi lain ada ancaman pidana bagi pihak pihak yang mengunggah Informasi Elektronik maupun Dokumen Elektronik bermuatan penghinaan atau pencemaran nama baik, yang diatur dalam Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Hal senada ditekankan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Informasi dan Statistik Diskominfo Cilacap, Irianto Budi Raharjo. “Oleh karena itu berhati-hatilah saat menggunakan media sosial. Apapun yang kita lakukan disana selalu meninggalkan jejak digital, jangan sampai menjerumuskan kita pada hal-hal yang bersifat pidana”, jelasnya.

Sementara itu, dalam sosialisasi jurnalistik siswa diperkenalkan mengenai metode penulisan berita berdasarkan jenis jenisnya. Pelatihan dilakukan melalui paparan, dialog interaktif, dan praktik dengan dipandu langsung bersama praktisi jurnalistik, Soegriwo.(dn/kominfo)

Foto : Kepala Diskominfo Cilacap, M. Wijaya menekankan pentingnya literasi digital bagi generasi milenial.

Jumlah Pengunjung : 293
image_pdfimage_print

Leave a Reply