You are currently viewing Pemda dan DPRD Cilacap Sepakati Rancangan Keputusan Bersama Tentang Perubahan Perda Tentang Penyertaan Modal Daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji tandatangani Keputusan Bersama antara Pemda dan DPRD Cilacap tentang Raperda perubahan atas Perda Nomor 19 Tahun 2018.

Pemda dan DPRD Cilacap Sepakati Rancangan Keputusan Bersama Tentang Perubahan Perda Tentang Penyertaan Modal Daerah kepada Badan Usaha Milik Daerah

CILACAP – Rapat Paripurna yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Cilacap, Selasa (5/1/2022) dipimpin dan dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Sindi Syakir dengan agenda Penetapan Keputusan Bersama antara Pemda Cilacap dan DPRD Cilacap dan Keputusan DPRD Cilacap tentang Raperda Perubahan Perda Nomor 19 Tahun 2018.

Susunan rapat hari ini diantaranya adalah penyampaian laporan Panitia Khusus IX DPRD Kabupaten Cilacap tentang Hasil Pembahasan Raperda Kabupaten Cilacap, pembacaan Rancangan Keputusan bersama antara DPRD dan Pemda Cilacap serta Rancangan Keputusan DPRD Cilacap tentang Perubahan Perda Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyertaan Modal daerah kepada Badan usaha Milik Daerah di Kabupaten Cilacap yang disampaikan oleh Sekretaris Dewan Kabupaten Cilacap Sumaryo.

Kemudian penyampaian Pendapat Akhir Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan diakhiri dengan penandatanganan Rancangan Keputusan bersama yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap dalam hal ini Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan pimpinan DPRD Kabupaten Cilacap Ketua DPRD Taufik Nurhidayat, serta Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Sindi Syakir, Purwati, dan Saiful Musta’in.

6

Dalam penyampaian pendapat akhirnya, Bupati Cilacap mengatakan dalam menghadapi perkembangan perekonomian dan memperkuat struktur permodalan pada BUMD, perlu adanya pemenuhan modal dasar guna meningkatkan kinerja yang tangguh, sehat dan mandiri.

“Berdasarkan pertimbangan sebagaimana tersebut, maka perlu dilakukan perubahan terhadap Peraturan Daerah Nomor Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kepada Badan Usaha Milik Daerah di Kabupaten Cilacap,” ujarnya.

Perubahan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah yang menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah akan menambah jumlah penyertaan modal melebihi jumlah penyertaan modal yang telah ditetapkan serta melakukan perubahan Perda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Selanjutnya, Bupati memaparkan adanya ketentuan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyertaan Modal Daerah Kepada Badan Usaha Milik Daerah Di Kabupaten Cilacap yang perlu untuk disesuaikan dengan kondisi teraktual.

“Sasaran yang akan diwujudkan atas penyesuaian ini diantaranya meningkatnya Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cilacap dari sektor Deviden BUMD, tercukupinya modal dasar BUMD, terwujudnya harmonisasi antara peraturan pusat dan daerah, serta mengubah batasan maksimum road map penyertaan daerah secara keseluruhan yang terdapat pada Perda Nomor 19 Tahun 2018,” terangnya.

Mendampingi Bupati, hadir Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman serta hadir pula 44 Anggota DPRD Kabupaten Cilacap, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, Asisten Sekretaris Daerah, serta diikuti secara virtual oleh OPD-OPD di Kabupaten Cilacap. (mia)