You are currently viewing Pemkab Cilacap dan BPD Bank Jateng Terapkan Digitalisasi Pajak dan Retribusi Melalui CBS

Pemkab Cilacap dan BPD Bank Jateng Terapkan Digitalisasi Pajak dan Retribusi Melalui CBS

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama BPD Bank Jateng menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) integrasi dan digitalisasi pelayanan pajak dan retribusi melalui Central Billing System (CBS) antara Pemkab Cilacap dan BPD Bank Jateng Cabang Cilacap, Rabu (6/10/2021).

Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Pimpinan Bank Jateng Cabang Cilacap, Siti Nafisah, dan Kepala BPPKAD Kabupaten Cilacap Ahmad Fauzi, dengan disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf, dalam acara Gebyar Doorprize PBB-P2 di Pendopo Wijayakusuma Cakti.

Kepala BPPKAD Kabupaten Cilacap, Ahmad Fauzi menjelaskan, pemanfaatan teknologi informasi secara terintegrasi melalui Central Billing System untuk pelayanan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah secara signifikan dan membentuk sumber daya manusia pengelola keuangan daerah yang adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif.

“CBS melalui aplikasi e-PAD akan menjadi wadah konsolidasi semua pungutan retribusi yang dikelola oleh pemkab. Sehingga seluruh OPD yang menjadi administrator pungutan retribusi akan terkoneksi dengan aplikasi e-PAD“, kata Ahmad Fauzi.

Pada kesempatan ini, Bupati bersama para kepala OPD pengampu pajak dan retribusi secara simbolis juga menyatakan dukungan dan komitmen bersama tentang implementasi tata kelola retribusi daerah secara online.

“Saya atas nama pribadi dan Pemkab Cilacap megucapkan terimakasih kepada semua pihak. Semangat, bahu membahu dalam menyukseskan Bangga Mbangun Desa”, kata Bupati.

Aplikasi e-PAD merupakan kerja sama antara Pemkab Cilacap dan Bank Jateng. Dalam hal ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap turut terlibat sebagai penyedia central billing system pembayaran pajak dan retribusi secara daring.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM