You are currently viewing Pemkab Cilacap dan PT.SBI Jalin Kerjasama,Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Sampah di TPST RDF

Pemkab Cilacap dan PT.SBI Jalin Kerjasama,Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Sampah di TPST RDF

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap bersama dengan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Peningkatan Pengelolaan Sampah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Cilacap. Penandatangan dilakukan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Awaludin Muuri dan Direktur Manufaktur PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Lilik Unggul Raharjo,disaksikan diwakili Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rahman dan Sekda Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf di ruang Gadri Pemkab Cilacap Jum’at (19/06).

Kepala Dinas Lingkungan Hidu Kabupaten Cilacap, Awaludin Muuri mengatakan,Pemkab Cilacap menyambut baik dengan adanya penandatangan kerjasama Pengelolaan sampah di TPST RDF yang berlokasi di TPA Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap, karena kerjasama ini akan menjadi solusi sekaligus menjawab tantangan atas permasalahan sampah kota yang dihadapi selama ini.

Menurut Direktur Manufaktur PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, Lilik Unggul Raharjo, sebagai mitra Pemkab Cilacap dalam mengatasi persoalan sampah, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk memiliki pengalaman dan keahlian mengelola sampah dengan cara yang aman dan ramah lingkungan. Sampah-sampah domestik tersebut akan diolah dengan metodefisika biologis untuk dijadikan RDF (bahan bakar alternatif) di pabrik SBI yang berlokasi di Cilacap. “Metode pemanfaatan ini merupakan pengembangan inovasi perusahaan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Selain itu, SBI juga ingin memberikan solusi jangka panjang dalam mengatasi persoalan sampah domestik yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat”, ujar lilik.

Lilik menambahkan, SBI terus mengembangkan inovasi dalam pengelolaan lingkungan tidak hanya terbatas di Kabupaten Cilacap. Optimalisasi TPST Bantargebang milik Pemprov DKI Jakarta dengan metode landfill mining, juga menjadi langkah perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah menciptakan kondisi lingkungan yang lebih baik. Ke depannya, pembelajaran dari berbagai pengembangan inovasi pengelolaan sampah ini dapat memberikan nilai tambah bagi perbaikan lingkungan di Indonesia.(rin/kominfo).

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM