You are currently viewing Pemkab Cilacap Gelar Upacara Peringatan Haornas 2019

Pemkab Cilacap Gelar Upacara Peringatan Haornas 2019

CILACAP – Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke – 36 Tingkat Kabupaten Cilacap digelar dalam satu upacara di Lapangan Jati Persada, Kecamatan Cilacap Tengah, Jumat (20/9/2019). Dalam upacara ini Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bertindak sebagai Inspektur Upacara. 

Acara tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, perwakilan Forkopimda, pejabat di lingkungan Setda Kabupaten Cilacap, serta kepala dan perakilan OPD jajaran. Pada kesempatan ini, Bupati membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Dalam sambutannya, Menpora mengungkapkan saat ini derajat kebugaran masyarakat Indonesia masih rendah. Oleh karena itu olahraga harus menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Dengan kesegaran jasmani dan kesehatan yang baik, masyarakat terutama pelajar dapat berprestasi lebih baik.

“Pembangunan olahraga tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani berarti kita telah mendukung kebijakan Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju”, kata Bupati membacakan sambutan Menpora.

Sebagai informasi, Haornas diperingati tiap 9 September. Tahun ini Haornas mengusung tema adalah “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja”. Maknanya olahraga itu mudah karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Sehingga masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga

Di sisi lain, pemerintah mengklaim telah berhasil menata pondasi prestasi bidang olahraga, baik atlet usia dini, unggulan, maupun disabilitas. Hal ini dibuktikan pada pagelaran Asian Games 2018, di mana Indonesia berhasil meraih peringkat keempat, dengan meraih 98 medali yakni 31 Emas, 24 Perak dan 43 Perunggu.

“Sedangkan pada gelaran Asian Paragames 2018, atlet disabilitas mampu mencatatkan sejarah baru dan membawa Indonesia menduduki peringkat kelima dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 Emas, 47 Perak dan 51 Perunggu”, tambahnya.

Sementara itu Pemkab Cilacap juga menyatakan siap mendukung pembudayaan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga.

Hal ini terimplementasi dalam program Bangga Mbangun Desa, khususnya pilar kesehatan. Tujuannya untuk menurunkan angka kesakitan, menurunkan beban pembiayaan karena penyakit, menghindarkan penurunan produktivitas, menghindarkan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan.

Di Kabupaten Cilacap, GERMAS telah dicanangkan Bupati pada tahun 2017. Kegiatannya antara lain advokasi kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat, advokasi dana desa untuk usaha kesehatan berbasis masyarakat, pemantapan saka bakti husada pramuka, kampanye germas melalui media massa.(dn/kominfo)

Foto : Bupati Tatto S. Pamuji (kiri) memimpin Upacara Peringatan Haornas ke – 36 Tingkat Kabupaten Cilacap di Lapangan Jati Persada, Kecamatan Cilacap Tengah.

Leave a Reply