Pemkab Cilacap Himbau Pelaksanaan Shalat Ied di Masjid
Sekretaris Daerah Kabupaten CIlacap, Drs. Farid Ma'ruf, ST.,MM menghimbau pelaksanaan Sgalat Ied 1442 H di Masjid.

Pemkab Cilacap Himbau Pelaksanaan Shalat Ied di Masjid

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap mengimbau pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1.442 H dilaksanakan di Masjid. Hal ini sesuai Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 7 Tahun 2021. Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs Farid Ma’ruf, ST.,MM menjelaskan, hal ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19.

“Sudah ada surat edaran dari Kemenag Provinsi Jawa Tengah tanggal 6 Mei, bahwa untuk Sholat Idul Fitri sebaiknya di masjid”, kata Sekda di Pendopo Wijayakusuma, Senin (10/5/2021).

Dalam SE tersebut terdapat beberapa kelonggaran, antara lain memperbolehkan kegiatan ibadah dengan kapasitas 50 persen ruangan untuk wilayah berzona hijau dan kuning. Sekda menjelaskan, penyelenggaran Shalat Ied di Masjid untuk mengurangi kontak dengan orang yang tidak diketahui asal dan status kesehatannya.

“Sudah dishare ke camat-camat di Kabupaten Cilacap mengenai hal ini. Jadi diharapkan masyarakat melaksanakan sholat Idul Fitri di masjid atau mushola terdekat, tidak perlu di alun-alun.” Tambahnya.

Selain itu, Sekda juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan halal bi halal atau open house. “Halal bi halal di pemda dan OPD juga tidak boleh, di masyarakat juga kami harapkan tidak ada halal bi halal”, jelasnya.

Terkait dengan mudik, Farid memperbolehkan mudik maksimal untuk wilayah Banyumas Raya. “Silakan mudik, tapi kalau tidak ada hal yang penting, sebaiknya lebaran di rumah saja.” Tutupnya. (mia/dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM