You are currently viewing Pemkab Cilacap Jalin Kerjasama dengan Perumdam Tirta Wijaya

Pemkab Cilacap Jalin Kerjasama dengan Perumdam Tirta Wijaya

CILACAPBupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji menyambut kerjasama antara Pertamina RU IV dengan Perumdam Tirta Wijaya Cilacap. Bentuk kerjasama antara BUMN dan BUMD tersebut terkait pasokan kebutuhan air, dimana Pertamina RU IV Cilacap membutuhan pasokan air untuk kilang, kantor, maupun rumah dinas.

Menurut Bupati, kerjasama ini tentunya memberi manfaat untuk kedua belah pihak. Disamping itu sudah selayaknya Pertamina memanfaatkan sumber daya lokal yang ada di Cilacap. ”Ini membuktikan bahwa Pertamina memang memberikan dampak luas bagi seluruh lapisan masyarakat maupun dunia usaha yang lain,” katanya.

Sementara itu Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Ignatius Tallulebang mengatakan bahwa sesuai data tahun 2020 memperlihatkan data kebutuhan air bersih RU IV sebesar 380 meter kubik perjam. Secara bertahap perkiraan kebutuhan air bersih eksternal naik menjadi 600 meter kubik perjam pada tahun 2023 dan diperkirakan akan meningkat lagi menjadi 800 meter kubik perjam pada tahun 2025.

Peningkatan kebutuhan air tersebut juga seiring dengan upaya pengembangan Pertamina dengan pembangunan kilang-kilang baru seperti Residual Fluid Catalytic Cracking (FRCC), Kilang Langit Biru (KLBC) serta pembangunan kilang Refinery Development Master Plant (RDMP) yang sedang berlangsung saat ini.

Selain proyek unit baru maupun fleksibilitas kilang, RU IV juga terus berinovasi dengan inisiatif efisiensi baik dari sisi feed, proses produksi maupun penyediaan kebutuhan utilitas kilang. Salah satu inisiatif penting terkait program efisiensi itu adalah penyediaan kebutuhan air eksternal baik untuk operasional kilang, kantor, maupun rumah dinas perusahaan.

Fondasi Kerjasama Perumdam Tirta Wijaya

“Inilah yang melatar belakangi perlunya amandemen perjanjian kerjasama dengan Perumdam Tirta Wijaya,” katanya. Ditambahkan Ignatius, bahwa pada tahun 2020 Pertamina RU IV telah berkontribusi terhadap pendapatan daerah Cilacap tidak kurang sebesar Rp 34,6 miliar baik bagi pemakaian air di dalam kilang kilang, office, rumah dinas, maupun suplai air ke dermaga area 70,” tambahnya. (*)

Sumber : Bag. Humas & Protokol Setda Cilacap

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM