You are currently viewing Tekan Penyebaran Covid-19, Pemkab Cilacap Laksanakan Rapid Antigen di Terminal
Seorang awak bus di Terminal Bangga Mbangun Desa menjalani tes rapid antigen, Minggu (27/12).

Tekan Penyebaran Covid-19, Pemkab Cilacap Laksanakan Rapid Antigen di Terminal

CILACAP – Sejumlah awak bus yang biasa beroperasi di Terminal Bangga Mbangun Desa menjalani tes rapid antigen, Minggu (27/12/2020). Tidak hanya awak bus, pantauan di lokasi, petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap yang mengenakan hazmat dan APD lengkap juga melakukan pemeriksaan secara acak kepada penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo menjelaskan, tes rapid antigen ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk mencegah penularan Covid-19 selama perayaan natal dan tahun baru. Tidak hanya penumpang luar daerah, sejumlah penumpang yang hendak melakukan perjalanan antar kota/provinsi juga turut diperiksa.

Tes Rapid Antigen Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Cilacap

“Tes ini dilakukan secara acak kepada awak bus dan penumpang. Pelaksanaanya di dua lokasi yakni Terminal Bangga Mbangun Desa dan Terminal Karangpucung”, kata Tulus.

Dijelaskan, pemeriksaan ini berlangsung selama sepekan hingga Minggu  (3/1/2021). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi menjelaskan, tes rapid antigen ini merupakan ketentuan dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementerian Perhubungan .

“Üntuk hari ini yang lapor baru Terminal Bangga Mbangun Desa. Dari 20 orang yang diperiksa ada 1 yang positif dan langsung dibawa ke Hotel @Hom untuk karantina”, kata Pramesti.

Pramesti menjelaskan, dalam sehari ada 20 sampel specimen yang diambil di tiap tempat tersebut. Dengan demikian, diharapkan upaya ini dapat memutus penyebaran Covid-19. Sebagai informasi, data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap menyebutkan, per 27 Desember 2020 jumlah total kasus positif Covid-19 sebanyak 3.380 kasus.

2.595 diantaranya sembuh, dan 105 meninggal dunia. Sedangkan yang masih menjalani perawatan sebanyak 680 orang.(dn/kominfo)

[pvcp_1]

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM