Pemkab Cilacap Gelar Simulasi Hajatan New Normal, Ini Tata Caranya
Bupati Tatto S. Pamuji meninjau pelaksanaan Resepsi Hajatan Percontohan New Normal di Desa Karangkemiri Kecamatan Maos Cilacap, Senin (3/8).

Pemkab Cilacap Gelar Simulasi Hajatan New Normal, Ini Tata Caranya

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap kini mengizinkan kembali penyelenggaraan kegiatan hajatan. Namun mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, pelaksanaannya harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Simulasi hajatan new normal telah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Sedangkan untuk hari ini, Senin (3/8) rombongan Forkopimda meninjau pelaksanaan Resepsi Hajatan Percontohan New Normal di Desa Karangkemiri Kecamatan Maos Cilacap.

Dalam simulasi ini, seluruh aspek penyelenggaraan hajatan menjadi perhatian. Mulai dari penyambutan tamu undangan, posisi dan jarak tempat duduk antar tamu, penyajian makanan, serta dapur. Para tamu dan petugas hajatan juga wajib menjalani pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan menggunakan sabun, dan mengenakan masker.

Baca juga : Paguyuban Pekerja Seni Cilacap Presentasikan Simulasi Hajatan New Normal

Bupati berpesan agar protokol kesehatan yang telah disepakati diterapkan dengan baik. “Intinya saya mencoba bagaimana mensimulasikan penyelenggaraan hajatan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Sebab beberapa waktu lalu kami mendengar keluhan dari pekerja seni dan event organizer yang kehilangan pencaharian akibat pelarangan kegiatan hajatan”, terang Bupati.

Simulasi ini, lanjut Bupati, merupakan uji coba bagaimana pelaksanaan kegiatan hajatan di tengah New Normal. Selanjutnya kegiatan ini akan dievaluasi bersama Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 baik tingkat kabupaten maupun kecamatan, untuk mengkaji efektivitas dan risikonya.

“Jangan sampai di Kabupaten Cilacap yang saat ini tengah bersiap menuju new normal terjadi penambahan kasus baru dari klaster hajatan”, tegasnya.

Sebagai informasi, simulasi hajatan New Normal ini diselenggarakan di lima titik, masing masing di tiap distrik seluruh Kabupaten Cilacap. Pelaksanaannya bekerjasama dengan Paguyuban Pekerja Seni Cilacap (PPSC) yang mewadahi para pekerja seni dan event organizer penyelenggaraan hajatan.(dn/kominfo)

Jumlah Pengunjung : 151
image_pdfimage_print

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM