Pemkab Cilacap Tunggu Instruksi Gubernur Terkait PPKM Tahap II

Pemkab Cilacap Tunggu Instruksi Gubernur Terkait PPKM Tahap II

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap masih menunggu instruksi Gubernur Jawa Tengah terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap II. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dan evaluasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Kamis (21/1/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati Cilacap ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Maruf, S.T, M.M, Danlanal diwakili Kapten Laut (P) TB. Gunawan, Dandim 0703 Cilacap Letkol lnf. Andi Afandi, Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi, Wakil Ketua DPRD Purwati, S. Pd, serta kepala dan perwakilan Dinas/Instansi terkait.

“Intinya kalau nanti hasil evaluasi Gubernur kita salah satu daerah di Banyumas Raya yang harus memperpanjang PPKM tahap II, kita siapkan”, kata Wakil Bupati.

Dijelaskan pula, seluruh aparat pemerintah mulai dari Pemkab Cilacap, TNI serta Polri di Kabupaten Cilacap telah bekerja keras dalam upaya percepatan penanganan Covid-19. Oleh karena itu, Wakil Bupati berharap hal ini dapat menggugah kesadaran masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, dan tidak menyelenggarakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Kaitannya bidang ekonomi, walaupun di Banyumas berkegiatan kita tidak serta merta melakukan hal yang sama. Kita akan kaji baik buruknya, karena bagaimanapun suatu hal harus diputuskan bersama. Kesehatan kita optimalkan, tapi bagaimana juga ada penguatan di sisi ekonomi”, tambah Wakil Bupati.

Progres PPKM Jawa – Bali

Sejak diberlakukan di wilayah Jawa – Bali tanggal 11 Januari lalu, PPKM telah memasuki hari ke – 10. Meski demikian, tren peningkatan konfirmasi positif Covid-19 di Banyumas Raya khususnya Kabupaten Cilacap, masih cukup tinggi. Per 21 Januari 2021, jumlah konfirmasi positif di Cilacap tercatat 1.462 kasus. 4.421 kasus diantaranya sembuh, dan 163 kasus meninggal dunia.

Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi menyatakan, pihaknya siap memberikan dukungan penuh terhadap upaya penanganan Covid-19. Salah satunya dengan meningkatkan operasi yustisi di sejumlah titik perbatasan. Hal yang sama juga disampaikan Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol lnf. Andi Afandi. Menurut dia, sebelum PPKM tahap II diberlakukan masih ada waktu untuk bersinergi dengan seluruh aparat terkait.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM