You are currently viewing Peringati Hari Peduli Sampah, Pj. Bupati Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan
Pj. Bupati Cilacap Awaluddin Muuri bersama masyarakat memperingati Hari Peduli Sampah 2024 di Pantai Widarapayung, Kecamatan Binangun, Jumat (23/2/2024).

Peringati Hari Peduli Sampah, Pj. Bupati Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama stakeholder dan masyarakat Desa Widarapayung Kecamatan Binangun menggelar aksi bersih pantai Widarapayung, Jumat (23/2/2024).

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ini bertujuan untuk mensosialisasikan serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, khususnya di kawasan pesisir.

Aksi bersih pantai ini diikuti oleh ratusan peserta, yang terdiri dari Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sri Murniyati, Forkopimcam Binangun, perangkat desa, perwakilan TNI, Polri, BUMN, BUMD, LSM, sekolah, dan masyarakat.

Mereka bergotong royong membersihkan area pantai dari berbagai jenis sampah, baik organik maupun anorganik. Sampah-sampah tersebut kemudian dikumpulkan dalam kantong dan dipilah sesuai dengan kategori, jumlah, dan sifatnya.

Dalam sambutannya, Awaluddin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

WhatsApp Image 2024 02 23 at 13.59.04

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari gerakan peduli sampah, yang merupakan salah satu program prioritas Pemkab Cilacap dalam upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Kami berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial, tetapi dapat menjadi budaya dan gaya hidup masyarakat kita, khususnya di Desa Widarapayung,” ujar Awaluddin.

Awaluddin juga mengajak masyarakat untuk lebih aktif dan peduli terhadap pengelolaan sampah, dengan mengikuti program-program yang telah disiapkan oleh Pemkab Cilacap, seperti bank sampah, 3R (reduce, reuse, recycle), dan komposter.

Ia berharap, melalui program-program tersebut, masyarakat dapat meningkatkan nilai ekonomi dan sosial dari sampah, serta mengurangi dampak negatif dari sampah terhadap lingkungan.

“Kami mengapresiasi dan mendukung segala bentuk inisiatif dan kreativitas masyarakat dalam mengelola sampah. Mari kita bersama-sama menjadikan Cilacap sebagai kabupaten yang bersih, hijau, dan indah,” tutup Awaluddin.(Rin/Kominfo)

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM