You are currently viewing Perketat PPKM Darurat, Ruas Jalan Kota Cilacap Ditutup
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo.

Perketat PPKM Darurat, Ruas Jalan Kota Cilacap Ditutup

CILACAP – Pemerintah pusat telah resmi menerapkan aturan PPKM Darurat di wilayah Jawa – Bali. Aturan tersebut ditetapkan untuk mengatasi tingginya kasus harian Covid-19 di Indonesia pada beberapa pekan terakhir.

Dibandingkan sebelumnya, penerapan PPKM darurat dilakukan lebih ketat dari aturan yang selama ini diberlakukan. Menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat, Pemkab Cilacap turut memberlakukan PPKM Darurat skala mikro.

Beberapa waktu lalu Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap telah memperketat perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Yakni Pangandaran – Patimuan, Banjar Patroman -Dayaeuhluhur, Sampang – Buntu, dan Jetis Nusawungu. Penyekatan dilakukan dengan mewajibkan para pelaku perjalanan esensial untuk menunjukkan surat keterangan swab antigen dan keterangan vaksin.

Terkini, beberapa akses menuju Kota Cilacap juga akan ditutup. Penutupan ini mulai diterapkan Sabtu (10/7/2021). “Ini merupakan tindak lanjut Instruksi Bupati Nomor 17/2021 tentang PPKM Darurat, serta sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19”, kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo, Kamis (8/7/2021).

WhatsApp Image 2021 07 10 at 12.09.00

Beberapa titik yang akan ditutup yakni Jalan Gatot Subroto mulai dari perempatan Terminal ke arah kota, Jalan Jenderal Sudirman mulai perempatan Bandengan ke arah kota, Jalan Ahmad Yani ke arah Alun Alun, Jalan RE Martadinata ke arah Pasar Gede, dan pintu kereta Jalan RE Martadinata.

Pintu kereta Jalan Jenderal Sudirman, pintu kereta Jalan Suprapto, pintu kereta Jalan Rinjani, pintu kereta Jalan Kawi, dan pintu kereta Jalan Flores. Penutupan akses jalan dilakukan setiap Sabtu dan Minggu selama 24 jam.

“Jalan kita tutup sampai PPKM Darurat selesai. Kalau perkembangannya (Covid-19) makin tak terkendali bisa ditutup setiap hari”, tegasnya.

Ditambahkan, selama PPKM Darurat, beberapa akses jalan di seputar Alun Alun Cilacap juga akan ditutup. Penutupan dimulai sekitar pukul 15.30 WIB untuk mencegah kedatangan masyarakat yang kerap berkerumun meski aturan telah ditetapkan.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM