You are currently viewing Perketat PPKM Darurat, Sejumlah Kendaraan Diputar Balik di Perbatasan Mergo Dayaeuhluhur
Sebuah truk dari luar daerah dipaksa putar balik oleh petugas gabungan di perbatasan Mergo Dayaeuhluhur karena tidak dapat menujukkan kelengkapan perjalanan selama PPKM Darurat.

Perketat PPKM Darurat, Sejumlah Kendaraan Diputar Balik di Perbatasan Mergo Dayaeuhluhur

CILACAP – Petugas gabungan TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap menggelar Operasi Yustisi di Pos Perbatasan Mergo, Dayaeuhluhur, Selasa (13/7/2021). Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut Instruksi Bupati Nomor 17 Tahun 2021 terkait PPKM Darurat.

Selama kegiatan, petugas memeriksa 10 unit sepeda motor, 1 unit bus, 4 unit truk, dan 4 unit kendaraan pribadi. Hasilnya, ada 3 sepeda motor, 4 kendaraan pribadi, dan 2 unit truk yang dipaksa putar balik oleh petugas karena tidak membawa kelengkapan perjalanan seperti Sutar Keterangan Rapid Antigen dengan hasil negatif, atau keterangan vaksinasi.

Danramil 17/Dayaeuhluhur Kapten Inf. Agus Wantoro menjelaskan, kegiatan ini melibatkan petugas lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Sebab wilayah yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat ini merupakan pintu masuk bagi pengguna jalan dari luar daerah. Sehingga pengetatan dilakukan pada Pos Mergo, untuk mengurangi mobilitas masyarakat yang berpotensi meningkatkan penularan Covid-19.

“Untuk pelaku perjalanan tidak membawa kelengkapan perjalanan seperti Surat Antigen dengan hasil negatif, atau bukti vaksin, diperintahkan untuk putar balik. Hal ini dilakukan sebagai tindakan tegas guna menangkal penyebaran covid 19 agar tidak masuk ke wilayah Cilacap”, jelasnya.

Danramil menambahkan, pihaknya bersama seluruh petugas PPKM Darurat berupaya menjamin rasa aman warga masyarakat dari penularan Covid-19. Untuk itu dia mengimbau masyarakat dan pelaku perjalanan untuk mematuhi instruksi pemerintah terkait protokol kesehatan. Termasuk di dalamnya mengurangi mobilitas.(dn/kominfo)

Dony R Bintoro

DISKOMINFO REPORTER TEAM