You are currently viewing Perkuat SP4N-LAPOR, Kemenpan RB Gandeng Kemendagri dan Kemenkominfo
Penandatanganan Nota Kesepahaman Sistem Pengelolaan dan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) Tahun 2021-2026 melalui virtual, Kamis (9/9/2021). (dok.humas/kemenpan RB)

Perkuat SP4N-LAPOR, Kemenpan RB Gandeng Kemendagri dan Kemenkominfo

CILACAP – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan Penandatanganan Nota Kesepahaman Sistem Pengelolaan dan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) Tahun 2021-2026, secara virtual, Kamis (9/9/2021).

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Ketua Ombudsman RI Mokhamad Najih. Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD juga turut menyaksinkan penguatan SP4N-LAPOR! Ini.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Diah Natalisa mengatakan dalam laporannya, sejak diluncurkan pada tahun 2016 hingga berakhir tahun 2021, SP4N-LAPOR! telah menerima sebanyak 558 laporan per hari.

“SP4N-LAPOR! Telah digunakan oleh lebih dari 1,1 juta pelapor dan 46.000 lebih admin pengelola. Rata-rata laporan yang masuk per hari yaitu sebanyak 558 laporan,” ujar Diah.

Pada kesempatan tersebut Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengatakan pengelolaan pengaduan memiliki arti penting dalam pemenuhan hak masyarakat atas pelayanan publik yang berkualitas, tidak diskriminatif, dan sesuai dengan standar pelayanan.

“Nota kesepahaman ini sejalan dengan amanat Bapak Presiden untuk memberikan pelayanan publik yang menekankan pada kecepatan inovasi dan berorientasi pada hasil,” kata Menpan RB Tjahjo Kumolo.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian menuturkan, keberadaan platform tersebut mampu mengintegrasikan seluruh pengelolaan pengaduan di instansi pemerintah. Untuk membangun sinergitas, Kemendagri berkomitmen melakukan koordinasi, pemantauan, dan evaluasi pengaduan layanan publik oleh pemerintah daerah, “juga mendorong penguatan kelembagaan layanan pengaduan publik oleh pemda,” ujar Mendagri.

Menkominfo Johnny G. Plate juga berkomitmen melalui penandatanganan MoU ini, kementeriannya akan terus memberikan dukungan teknis, melalui pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan dan impelemtnasi SP4N-LAPOR.

Kesepakatan yang tertuang pada nota kesepahaman SP4N-LAPOR! memberikan tugas kepada setiap penanggung jawab untuk segera menindaklanjuti dengan penyusunan perjanjian kerjasama. Harapannya, perjanjian kerja sama dapat merinci kembali peran yang sudah disepakati pada nota kesepahaman sehingga dapat dieksekusi masing-masing pihak dalam pengelolaan SP4N-LAPOR!. (mia/kominfo)