Pertamina Serahkan Bantuan 7.500  Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19
Pertamina Serahkan Bantuan 7.500 Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19

Pertamina Serahkan Bantuan 7.500 Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19

CILACAP – Pertamina RU IV Cilacap kembali melakukan aksi kepedulian sosialnya kepada masyarakat Cilacap yang terdampak wabah pandemi Covid-19,  khususnya untuk kalangan yang tidak mampu. Sebanyak 7.500 paket sembako ini diserahkan secara simbolis oleh Laode Syarifuddin Mursali Unit Manager Commrel & CSR RU IV mewakili GM & Management RU IV didampingi Manager HSSE RDMP Pertamina RU IV Cilacap Hartanto, kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, dihalaman pendopo Wijayakusuma Cakti Kabupaten Cilacap, Senin (11/5).

Laode Syarifuddin Mursali Unit Manager Commrel & CSR RU IV pada  kesempatan tersebut mengatakan, sebelumnya bantuan 10 ton beras telah disampaiakan kepada dua organisasi nelayan di Cilacap yakni HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Cabang Cilacap dan KUD Minosaroyo Cilacap. Bantuan ini sebagi bentuk kepedulian Pertamina untuk masyarakat kurang mampu dan warga yang terdampak Covid-19 di Cilacap secara ekonomi, sosial dan lainnya.

Lebih lanjut Laode Syarifuddin Mursali menjelaskan bahwa, distribusi bantuan berdasar pada data KK miskin yang didapat dari Kelurahan Lomanis, Karang Talun, Kutawaru, Sidanegara, Donan, dan Kelurahan Tegalkamulyan. Bantuan juga diberikan untuk warga seputaran Tritih Golf Cilacap (TGC), warga sekitar RDP Gunungsimping, warga sekitar area apartement Patra Residence Lomanis, masyarakat di jalur pipa Pertamina dan Mitra binaan CSR serta masyarakat Kampung Laut.

Dikatakan, bantuan yang diserahkan tersebut merupakan hasil dari sinergitas sejumlah pihak. Yakni Pertamina RU IV Cilacap maupun RDMP yang berhasil mengumpulkan ribuan paket sembako. Dari jajaran HSSE RDMP RU IV dan Pertamina RU IV Cilacap sengaja bersinergi dengan Pemkab Cilacap melalui gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, agar nantinya sumbangan yang diberikan tidak tumpang tindih dan tepat sasaran.

Laode Syarifuddin Mursali menambahkan, sembako berisi lima kilogram beras pada setiap paketnya. Sedangkan untuk sasaran penerimanya merupakan seluruh masyarakat Cilacap dan kalangan nelayan Cilacap yang dinilai masih membutuhkan bantuan tersbut. Adapun bantuan untuk  nelayan ada dua yang menerima, Koperasi Nelayan maupun Paguyuban Nelayan. Dan masyarakat umum ada tujuh  ribu paket sembako yang sudah disiapkan untuk seluruh Kecamatan di Kabupaten  Cilacap,” jelasnya. Laode berharap dengan aksi Pertamina Peduli  ini  masyarakat Cilacap akan terbantu dan dapat survive untuk bertahan menghadapi kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Baca Juga :

Sementara Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji mengapresiasi langkah dari kegiatan Pertamina Peduli yang dinilai dapat membantu masyarakat Cilacap. Selain itu, Bupati menyampaikan, kegiatan ini juga perlu dijadikan contoh yang baik untuk pihak lainnya. Sebab dalam menghadapi berbagai dampak dari pandemi Covid-19 semua pihak harus terlibat. “Kita harus bersama – sama untuk memutus mata rantai penyebaran maupun dampak Covid-19. Tidak hanya langkah pencegahan dengan berdiam dirumah atau menggunakan masker dan menjaga jarak saja, tapi kita juga harus bersinergi untuk menangani dampak yang ditimbulkan lainnya, terutama ekonomi masyarakat tidak mampu di Cilacap,” pungkasnya.

Hadir dan turut menyaksikan acara penyerahan bantuan 7.500 paket sembako dari Pertamina untuk warga Kabupaten Cilacap, Wakil Bupati  Cilacap Syamsul Aulia Rahman, Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, Pengurus HNSI dan KUD Mino saroyo Cilacap. (Arin/Kominfo).

Jumlah Pengunjung : 184
image_pdfimage_print

Arin Nastuti

DISKOMINFO REPORTER TEAM